Nguri-uri Kabudayan Jawi dengan Lomba Macapat

oleh -
iklan dispar

WONOSARI, kabarhandayani.– Dalam rangka menyambut Bersih Desa (Rasul) Desa Wonosari yang direncanakan akan dilaksanakan pada Rabu Kliwon 25 Juni 2014, Panitia Bersih Desa mengadakan berbagai kegiatan dan perlombaan. Salah satu lomba yang dilaksanakan pada malam ini Senin (16/6/2014) adalah lomba macapat. Lomba berlangsung mulai dari pukul 20.00 WIB dan selesai pada pukul 22.00 WIB.

Ketua Panitia Bersih Desa desa Wonosari tahun 2014 Drs. Wisnutoyo mengatakan, bahwa diadakannya lomba macapat yang baru pertama kali dilombakan dalam kegiatan bersih desa dimaksudkan untuk menyongsong Desa Wonosari sebagai Desa Budaya. “Macapat merupakan seni budaya yang harus dilestarikan dan diperkenalkan kapada semua generasi. Tidak hanya generasi tua tetapi juga generasi muda,” kata Wisnutoyo.

Lomba macapat kali ini diikuti oleh 14 peserta dari 7 padukuhan yang ada di Desa Wonosari, dan diambil juara 1, 2, 3 kelompok putra dan juara 1, 2, 3 kelompok putri. Dewan yuri terdiri dari Sadipan, Roni Ahmad Wahyudi,S.Sn, Prawoto,S.Pd. Setelah diadakan penilaian, akhirnya ditetapkan untuk lomba mocopat kelompok putra juara 1 Wahadi dari padukuhan Tawarsari, juara 2 Sumedi dari padukuhan Jeruksari, Juara 3 Sumardi TA dari padukuhan Jeruksari. Untuk kelompok putri juara 1 Wahyuni dari padukuhan Gadungsari, juara 2 Sukarni dari padukuhan Tawarsari dan juara 3 Siti Purwaningsih dari padukuhan Madusari.

Ketua Dewan Juri Sadipan berharap kegiatan seperti ini dapat dilaksanakan rutin dan diikuti generasi muda sehingga seni budaya macapat tidak punah. (Bara/Jjw).

Komentar

Komentar