Nama Gang Kempit Membawa Hoki

oleh -
iklan dispar

PLAYEN,kabarhadayani,– Memulai karirnya sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS) di Lingkungan Pemerintahan Gunungkidul, tak menyurutkan Sigit Sumarno untuk membuat usaha sampingan. Membuka pusat wedangan adalah langkah yang dipilihnya untuk menambah penghasilan keluarga.
Usaha yang dijalananinya sejak 2 tahun lalu ini cukup lancar. Kesibukan sebagai seorang abdi negara tak lantas membuat usahanya kacau, karena bapak kelahiran tahun 1967 ini mempercayakan usahanya kepada tetangganya.
Sigit tak menyangka, usaha yang digelar di sebuah gang kecil di Padukuhan Siyono Wetan, Logandeng, Playen akan membawa berkah tersendiri. Masyarakat setempat menyebutnya “Gang Kempit”
“Awalnya saya hanya terinspirasi dari tempat wedangan lainya di Wonosari. Dengan menu gorengan dan sambal bawangnya,” ungkap Sigit yang kini masih aktif sebagai pegawai negeri di Kantor Pengendalian Dampak Lingkungan (Kapedal) Gunungkidul, Rabu (1/10/2014).
Usaha yang Sigit geluti, selain memberikan tambahan penghasilan kepada keluargnya, juga memberikan pekerjaan kepada tetangganya yang selama ini kesulitan mencukupi kebutuhan hidup. Dalam menjalani usahanya, Sigit dibantu Mbok Yanti dan Mbak Parsini.
Menurut cerita Sigit, awal mula nama “Gang Kempit” muncul dari sebuah kasus pemerkosaan yang terjadi di wilayah itu beberapa tahun lalu. Masyarakat setempat akhirnya memberikan nama pada sebuah gang yang konon sebagai tempat terjadinya pemerkosaan.
“Inisiatif warga memberi nama gang ini dengan nama Kempit, waktu pemerkosaan berlangsung katanya dikempit (dipiting) orangnya agar tidak teriak,” ungkap Sigit dengan sedikit tersenyum.
Sigit mengaku, usaha yang digelutinya ini tidak menganggu aktivitasnya sebagai seorang PNS. Dengan menu andalan wedang poci, gorengan sambel bawang, dan nasi rames, omset yang diterina Sigit berkisar antara 500-600 ribu per harinya.
Dia menambahkan, tidak hanya masyarakat biasa, sebuah tempat wedangan yang berbentuk rumah kampung dengan dinding bambu itu, juga menjadi tempat berkumpulnya para pejabat. “Ketua DPRD Gunungkidul Suharno, dan para pejabat lainya sering wedangan ke sini,” ungkapnya.
Salah satu tips Sigit dalam meraih kesuksesan adalah fokus dan optimis pada target yang akan dicapai. Sigit mengaku bersyukur usaha yang dibuatnya mampu memperdayakan masyarakat di wilayahnya.(Juju/Tty)

Komentar

Komentar