Muncul Sumber Air Dari Lereng Gunung, Dinkes Uji Kandungan Air

oleh -
Partini menunjukkan air dari sumber air baru yang muncul di ladangnya. KH/ Wibowo.
iklan dispar
Partini menunjukkan air dari sumber air baru yang muncul di ladangnya. KH/ Wibowo.

SEMANU, (KH)— Munculnya mata air di lereng Gunung Tumpeng, di Dusun Tunggul Timur, Desa Semanu, Kecamatan Semanu, Gunungkidul mengejutkan warga. Pasalnya, mata air muncul dari tanah yang tandus berbatu di lahan tegalan milik salah seorang warga.

Menurut keterangan Partini anak dari pemilik tegalan, sumber air mulai muncul pada Sabtu (11/3) lalu. Saat itu parno yang merupakan ayah Partini merumput atau mencari pakan ternak. Saat rumput dicabut, air tersebut menyembur keluar dan hingga kini Selasa (14/3/2017) mata air tersebut masih mengeluarkan air.

“Ada tiga buah mata air yang muncul, awalnya memang kita sudah curiga karena tegalan ini sudah tiga minggu tergenang air, padahal lama tidak hujan. Ternyata airnya dari sumber itu,” ujar Partini, Senin (13/3/2017).

Partini mengatakan, sudah ada petugas dari Dinas Kesehatan yang mengambil contoh air untuk dicek melalui laboratorium. Namun hasilnya hingga kini belum diketahu kandungan apa yang terdapat dalam air yang keluar tersebut.

“Suruh nunggu hasilnya, katanya kalau sebulan masih keluar kita suruh lapor,” imbuhnya.

Dikonfirmasi terpisah, Kepala Unit Pengelolaan Teknis (UPT) Laboratorium, Dinas Kesehatan Gunungkidul, Nila Batika mengatakan, pengambilan contoh air sudah dilakukan. Namun pihaknya belum bisa memaparkan kandungan dan keamanan air tersebut. Menurutnya untuk sementara waktu warga tidak mengkonsumsi air itu telebih dahulu.

“Sementara memang warga banyak yang mengambil contoh air tersbut. Namun untuk jelasnya kita minta warga menunggu hasil laboratorium,”katanya.

Munculnya sumber air di Dusun Tunggul Timur, Desa Semanu tersebut juga menarik perhatian masyarakat. Setelah kabar munculnya sumber air itu beredar dimasyarakat setiap harinya tegalan milik Parno berubah menjadi layaknya tempat wisata. (Wibowo)

Komentar

Komentar