Minta Hujan Turun, Puluhan Siswa Shalat Istisqa

oleh -
Doa Hujan. Foto : KH/Dwianjani
iklan dispar
Doa Hujan. Foto : KH/Dwianjani
Doa Hujan. Foto : KH/Dwianjani

WONOSARI, (KH) — Musibah kabut asap yang terjadi di sejumlah lokasi di Indonesia dan suhu panas yang akhir-akhir ini terjadi di wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta, mendorong puluhan siswa dan guru SD N Baleharjo untuk menggelar Shalat Istisqa di halaman sekolah pada Jumat (16/10/2015). Shalat Istisqa merupakan shalat bagi umat muslim untuk meminta turunnya hujan.

Kepala Sekolah SD N Baleharjo, Siti Masyatini, menjelaskan, hal ini dilakukan agar siswanya peka terhadap kondisi lingkungan di sekitarnya. Siti juga menjelaskan kondisi Kabupaten Gunungkidul yang saat ini tengah mengalami kekeringan. Kondisi tersebut juga menjadi bagian dari doa yang dipanjatkan, agar segera hujan turun.

“Kita panjatkan doa untuk Gunungkidul dan lokasi lainnya yang saat ini sangat menanti turunnya hujan,” ucapnya.

Pelaksanaan Shalat Istisqa tersebut berjalan khidmad. Para murid diminta berkumpul dan kemudian mengantre untuk bisa wudhu. Shalat tersebut dilaksanakan dalam dua rakaat, lalu disusul khutbah dengan diawali mengucap kata istigfar sebanyak sembilan kali. Pada saat khutbah, khatib berpaling ke arah kiblat (membelakangi makmum dan berdoa bersama dan semua umat mengangkat tangan tinggi-tinggi. (Maria Dwianjani)

Komentar

Komentar