Minimalisir Kejahatan, Warga Playen Pasang Lampu Penerangan

oleh -
Warga Desa Playen gotong royong memasang lampu penerangan jalan. KH/ Sarwo
iklan dispar
Warga Desa Playen gotong royong memasang lampu penerangan jalan. KH/ Sarwo
Warga Desa Playen gotong royong memasang lampu penerangan jalan. KH/ Sarwo

PLAYEN, (KH)— Warga Kelompok Mawar Merah Padukuhan Playen I Desa Playen, Gunungkidul, melaksanakan kegiatan Lampunisasi atau pemasangan lampu penerangan di dusunnya, kali ini sedikitnya ada 30 titik lampu terpasang di tepi jalan.

Menurut Lilik Ruswandi, bendahara Siskamling Mawar Merah, tiap titik lampu menghabiskan dana Rp 250.000,- dengan rincian untuk pengadaan tiang, kabel dan lampu. Pekerjaan pemasangan digarap secara kerja bhakti dengan mengambil sumber listrik pada jaringan milik masing-masing warga.

“Semua warga secara gotong royong memasang lampu penerangan jalan, yang meliputi jalan dari balai desa menuju ke berbagai arah, jalan lingkungan , serta ke sumber air sumur bor,” kata Lilik, Senin, (20/6/2016).

Penerangan jalan di kelompok Mawar Merah, sebagaimana disampaikan ketua, Haris Madiyono, merupakan kegiatan pokok untuk menjaga keamanan di wilayahnya pada malam hari. Dana untuk lampunisasi diambilkan dari dana Siskamling.

“Jimpitan uang siskamling, waga menyediakan Rp 200- Rp 500 perak tiap malam. Dana siskamling tiap malam masuk antara Rp 15 ribu – Rp 25 ribu, maka dalam sebulan rata-rata Rp 500 ribu sampai Rp 600 ribu. Sedangkan untuk kebutuhan 30 titik menghabiskan dana Rp. 7,5 juta,” ungkap Haris.

Selain lampunisasi, Warga setempat secara  aktif mengadakan pertemuan setiap selapan hari sekali, pada malam Sabtu Pahing berkumpul di rumah warga sesuai jadwal pertemuan. Dalam pertemuan disampaikan informasi dari desa, musyawarah pembangunan, dan program lainnya.

Ditambahkan, dana jimpitan siskamling, ternyata sangat bermanfaat, selain untuk keamanan wilayah, juga dapat digunakan rehab selokan, jalan dan membayar biaya Bersih Desa (Rasulan). Dana siskamling yang terkumpul, juga ada yang dipinjamkan kepada warga yang membutuhkan.

“Ini usaha pengurus menolong warga jangan sampai jatuh ke Rentenir,” Kata Heri Pujianto bendahara simpan pinjam Mawar Merah.(Sarwo)

Komentar

Komentar