Meriahkan HUT RI, Warga Pulutan Ramai-ramai Tangkap Lele Di Kubangan Sawah

oleh -
Tangkap ikan lele di sawah menjadi agenda memeriahkan HUT RI ke 75. (KH/Kandar)
kadhung tresno

WONOSARI, (KH),– Untuk memeriahkan HUT RI ke 75 tahun 2020, warga Kalurahan Pulutan, Kapanewon Wonosari, Gunungkidul menggelar sejumlah agenda.

Kegiatan yang diinisiasi Organisasi Sosial Ngudi Paseduluran Saklawase berupa bhakti sosial (Baksos) dan agenda tambahan yang bertujuan untuk memeriahkan HUT RI berupa tangkap ikan lele di kubangan sawah.

Koordinator kegiatan, Wartono mengungkapkan, Baksos yang digelar merupakan respon atas terjadinya pandemi COVID-19.

“Perekonomian sedang lesu. Baksos ke warga kurang mampu di Kalurahan Pulutan menggunakan dana kas dan donasi dari berbagai sumber,” kata Wartono, Minggu, (16/8/2020).

Adapun kegiatan tangkap ikan lele, merupakan agenda pelengkap sekedar untuk hiburan bagi masyarakat. Kegiatan tangkap ikan yang diikuti anak-anak, remaja hingga ibu-ibu ini cukup seru.

Pasalnya, peserta mau tak mau harus mandi lumpur, berdesakan hingga jatuh di kubangan sawah saat hendak menangkap ikan lele yang tentu sangat licin.

Lele sebanyak lebih dari 1 kuintal disiapkan panitia. Secara bergantian sesuai kelompok usia warga masuk ke lumpur dan berebut lele. Sementara itu penonton di pinggir sawah histeris berteriak memberi semangat sembari tertawa.

Peserta, utamanya anak-anak antusias dan tertarik mengikuti tangkap ikan lele. Sebab kegiatan yang dipilih panitia benar-benar dapat menjadi sarana hiburan. Sebagaimana diketahui, selama pandemi anak-anak pada umumnya tak berangkat ke sekolah maupun bepergian untuk rekreasi.

“Seru, sangat senang dapat 7 ekor lele,” kata Raihan salah satu peserta.

Panitia mempersilahkan ikan lele yang berhasil ditangkap peserta untuk dibawa pulang. Sebagai pelengkap, panitia juga menyediakan doorprize yang dibagi dengan cara diundi. (Kandar)

Komentar

Komentar