Menikmati Kuliner Beton Indah dengan Panorama Air dan Pegunungan Kapur

oleh -
iklan dispar
beton2
Kuliner Beton Indah di Desa Umbulrejo Ponjong. Foto: Hari.

PONJONG,(KH) — Wilayah Kecamatan Ponjong merupakan salah satu pusat kuliner di Gunungkidul. Salah satunya adalah Rumah Makan Beton Indah yang berlokasi di Padukuhan Seladi Desa Umbulrejo Kecamatan Ponjong. Rumah makan yang berdiri sejak tahun 2008 di tepi Bendung Beton dirintis Endang Suwartinah, seorang ibu rumah tangga yang tinggal di Padukuhan Simo, Desa Genjahan.

Jika rumah makan ikan bakar kebanyakan di Kecamatan Ponjong identik dengan pemandangan pematang sawah dengan gemericik aliran air, maka rumah makan ini menyajikan suasana air danau dari bendung beton dan panorama pegunungan kapur di belakangnya.  Untuk menu yang ditawarkan, memang hampir sama dengan rumah makan yang lain, akan tetapi cita rasanya yang khas juga pemandangannya yang berbeda dengan rumah makan yang lain membuat Rumah Makan Beton Indah menjadi salah satu tujuan pecinta kuliner olahan ikan.

Keunikan dan daya tarik lain dari Rumah Makan Beton Indah adalah lokasinya yang persis di bibir Bendung Beton, yang merupakan wisata tirta dengan suasana alam pedesaan pegunungan kapur. Selain memiliki mata air yang keluar dari gunung di kawasan Pegunungan Seribu sisi timur, wisata di tempat ini juga merupakan wahana pengembangan potensi diri dengan berbagai kegiatan alam terbuka, menikmati indahnya pemandangan alam. Di sini juga disediakan berbagai fasilitsas rekreasi keluarga, di antaranya pemancingan, ada juga fasilitas kegiatan outdoor game, outbound area, dan juga camping ground.

Endang mengatakan, sering sekali pengunjung rumah makannya adalah para pejabat baik dari kecamatan maupun kabupaten, bahkan Bupati Gunungkidul yang sekarang masih menjabat juga sering ke sini.

“Banyak yang lagi rekreasi ke sini, entah itu keluarga, rombongan dinas, anak sekolah juga ada setelah lelah bermain serta menikmati fasilitas yang ada di bendungan lanjut mampir kesini untuk menyantap olahan ikan bakar yang menggoyang lidah ,” tambah Endang, Kamis (2/4/15)

Ada beberapa sarana pendukung yang tersedia seperti flying fox, jembatan goyang, becak air, dan peralatan lain yang menarik, mendidik dan menyenangkan.

Lokasi Rumah Makan Beton Indah cukup strategis, karena selain berada di bibir bendungan beton juga berdekatan dengan BPI (Balai Pembibitan Ikan) Beton Umbulrejo Ponjong yang menyediakan berbagai jenis bibit ikan air tawar untuk dikembangkan. (Hari)

Komentar

Komentar