Diklat Standar Nasional dan Kurikulum 2013 PAUD Digelar di Ponjong

oleh -
iklan dispar
diklat
Dra. Kis Rahayu sedang memberikan diklat. Foto : Hari

PONJONG,(KH) — Diklat Standar Nasional PAUD dan Kurikulum 2013 PAUD pertama kali digelar di Ponjong. Acara diklat selama 2 hari ini mulai tanggal 1 – 2 April 2015 dilaksanakan di Kantor UPT TK SD Kecamatan Ponjong  Diklat diselenggarakan oleh PKG PAUD Kecamatan Ponjong.

Diklat diikuti oleh 94 peserta dari jenjang PAUD, TK, SD se- Kecamatan Ponjong dan dihadiri Kepala Dinas DIKPORA Kab. Gununungkidul Drs. Sudodo MM, Camat Ponjong Susila Marwanto S.Sos, Serta Ketua UPT TK dan SD Drs. Sudya Marsita MM. serta Narasumber Dra. Kis Rahayu

Dra. Kis Rahayu sebagai narasumber memaparkan tentang beberapa poin dalam standar PAUD yang terdiri dari standar tingkat pencapaian perkembangan anak, standar isi, standar proses, standar penilaian, standar pendidik dan tenaga kependidikan, standar sarana dan prasarana, standar pengelolaan, dan standar pembiayaan.

Standar PAUD berfungsi sebagai dasar dalam perencanaan, pelaksanaan, pengawasan, dan tindak lanjut pendidikan dalam rangka mewujudkan PAUD bermutu, acuan setiap satuan dan program PAUD untuk mewujudkan tujuan pendidikan nasional dan dasar penjaminan mutu PAUD.

Pengembangan kurikulum 2013 telah dilakukan melalu beberapa tahap yang melibatkan berbagai unsur yang kompeten dengan kurikulum PAUD. Revisi kurikulum bertujuan untuk mewujudkan kurikulum yang sesuai dengan tuntutan dan kebutuhan masyarakat guna mengantisipasi perkembangan jaman. Perubahan kurikulum tidak hanya terfokus pada pengubahan dokumen saja, tetapi terkait dengan pelaksanaan pembelajaran, penciptaan suasana belajar, cara evaluasi atau asesmen pembelajaran.

Salamah selaku ketua panitia mengatakan, dengan adanya diklat ini diharpkan para pendidik mampu lebih inovatif dalam mendidik para siswa dan tidak terlalu kaku, serta mampu beradaptasi dengan kurikulum 2013.

Fitri Suningsih salah satu peserta diklat mengatakan, dengan adanya diklat ini menambah pengetahuan baru , mengingat bahwa Permendikbud 2014 terbilang baru dan di Kabupaten Gunungkidul baru diadakan pertama kali di Kecamatan Ponjong.

“Semoga dengan adanya diklat ini mampu menjadikan para pendidik PAUD lebih kreatif inovatif dan inspiratif,” pungkas Fitri. (Hari)

 

Komentar

Komentar