Mengagetkan, 22 Kambing Mati Dikubur Massal

oleh -
oleh
Kambing
Penguburan kambing secara massal. (Istimewa)
iklan dprd

GUNUNGKIDUL, (KH),– Sebuah video beredar kambing dalam jumlah banyak dikubur dalam 1 liang bikin kaget warganet Gunungkidul. Banyak yang mencari tahu lokasi kejadian.

Setelah ditelusur, peristiwa penguburan massal kambing dengan berbagai jenis itu terjadi di Kalurahan Sawahan, Kapanewon Ponjong, Kabupaten Gunungkidul.

Kapolsek Ponjong, AKP Yulianto menyampaikan, kambing-kambing yang mati itu merupakan milik Rohmad, peternak warga setempat. Peristiwa kematian kambing berikut penguburannya terjadi pada, Selasa (20/2/2024).

“Pertama kali saksi mengetahui hanya 1 ekor kambing saja yang mati. Saksi lantas mengajak pemilik untuk mengecek kendang guna memastikan penyebab,” kata kapolsek.

iklan golkar idul fitri 2024

Setelah melihat isi kandang, mereka kaget. Kambil-kambing terlihat seperti menggigil dengan posisi berdiri. Ada yang lari-lari lalu kejang hingga mati.

Belum diketahui pasti penyebab kambing tersebut tiba-tiba mengalami gejala aneh lalu berujung mati. Hanya saja pemilik mengakui bahwa sebelumnya kambing-kambing itu diberi pakan berupa daun ketela karet.

“Bangkai tak nampak mengeluarkan busa, jadi karena keracunan atau karena apa belum diketahui,” kata AKP Yulianto.

Sampel Kambing Mati Diambil Untuk Pengecekan Labortorium

Terpisah Kepala Bidang Kesehatan Hewan Dinas Peternakan Kabupaten Gunungkidul Retno Widiastuti menyebutkan, sudah ada petugas yang turun ke lapangan.

“Sampel-sampel sudah diambil, kami masih menunggu hasil laboratorium untuk memastikan penyebabnya,” terag Retno.

Adapun berdasar catatan yang dia miliki, jumlah kambing yang mati  mencapai 22 ekor. Lantas ada 4 ekor lain yang berada dalam satu kawasan namun tidak terlihat megalami sakit. (Kandar)

Berbagi artikel melalui:

Komentar

Komentar