Warga Wonosari Bikin Permen yang Bergizi Buat Kambing

oleh -11091 Dilihat
oleh
Kambing
Ternak kambing menikmati permen berupa mineral block. (Ist)

GUNUNGKIDUL, (KH),– Bukan hanya manusia yang konsumsi permen. Kini hewan ternak seperti kambing dan sapi pun bisa.

Permen bagi ternak atau yang disebut Mineral Block ini berbahan dasar garam dapur, semen putih dan premix mineral.

Mineral Blok dibikin oleh masyarakat Kalurahan Gari, Wonosari, Kabupaten Gunungkidul. Dalam pembuatan masyarakat memperoleh pendampingan dari mahasiswa Fakultas Peternakan Universitas Gadjah Mada (UGM).

Salah satu mahasiswa pendamping, Anita menyampaikan, permen yang diperuntukkan bagi hewan ternak ini memiliki kandungan vitamin dan mineral bagi ternak.

“Garam sebagai sumber makro mineral dan meningkatkan sumber palatabilitas. Semen putih sebagai perekat dan premik mineral mengandung makro dan mikro mineral,” jelas Anita.

Disampaikan lebih lanjut, permen tersebut mampu mencegah ternak kekuarangan mineral yang dapat berakibat pada kelumpuhan hingg kerdil.

Kambing
Praktek pembuatan mineral blok. (Ist)

Dia merinci, perbandingan campuran bahan, diantaranya garam, semen putih dan premix mineral yakni 2:1:1. Seluruh bahan dicampur dengan air agar menjadi adonan. Setelahnya dimasukkan ke dalam peralon atau ember bekas sebagai cetakan.

Biaya pembuatan permen bagi ternak tersebut cukup murah. Dengan uang Rp25 ribu saja dapat dibuat 5 buah mineral block yang mampu digunakan sebagai suplemen kebutuhan mineral ternak hingga dua bulan.

Salah satu warga, Agus Riyanto mengaku memperoleh pengetahuan baru kaitannya dengan dunia peternakan.

“Sangat menarik diterapkan ke peternakan, selain mudah juga murah biayanya,” tutur Agus. (Kandar)

Berbagi artikel melalui:

Komentar

Komentar