Masyarakat Desa Sawahan Antusias Ikuti Pentas Seni Budaya

oleh -
Pentas reog Desa Sawahan Ponjong. Foto: Hari.
iklan dispar
Pentas reog Desa Sawahan Ponjong. Foto: Hari.
Pentas reog Desa Sawahan Ponjong. Foto: Hari.

PONJONG,(KH)— Dalam rangka program desa budaya yang diselenggarakan Dinas Budaya dan Pariwisata, Desa Sawahan mengadakan Pentas Seni Budaya Reog oleh kelompok Reog Turogo Seto yang dilangsungkan di pelataran Balai Padukuhan Sendang 2, Desa Sawahan, Kecamatan Ponjong, Minggu (22/3/15). Hadir dalam acara pentas tersebut perwakilan dari Dinas Kebudayaan dan Kepariwisataan Kabupaten Gunungkidul.

Pentas yang ditampilkan adalah pentas seni reog khas sawahan yang terbagi menjadi 2 group yaitu group remaja dan grop sesepuh. Walaupun sudah berusia lanjut, para kakek ini masih lincah menggerakkan anggota tubuhnya untuk mengikuti suara gamelan. Kelompok Seni Reog Turonggo Seto memang kelompok seni reog yang sudah ada di Desa Sawahan dan turun temurun dilestarikan oleh para generasi berikutnya.

Dalam kegiatan ini juga digelar pameran batu mulia, pasar murah, pulsa murah , serta ada stand servis motor gratis. Acara ini terselenggara berkat kreativitas Desa Sawahan yang bekerja sama dengan Suzuki Indo Jaya Group dan SMU Muhammadiyah Ponjong dan SMK Muhammadiyah Ponjong.

Masyarakat sangat antusias dan bersemangat melihat pentas seni, belanja di pasar murah. Ada yang memborong pulsa, serta tidak sedikit yang mengantri untuk menserviskan sepeda motornya karena sudah ada stand bengkel gratis.

Bambang Herianto, Ketua Panitia mengatakan, pentas seni budaya seperti ini perlu diagendakan selain untuk melestarikan kebudayaan lokal juga sebagai daya tarik wisatawan dari daerah masing masing.

Masyarakat sekitar maupun warga dari luar Sawahan terlihat juga antusias mengunjungi pameran batu akik yang ada di gedung showroom batu mulia yang belum lama ini diresmikan langsung oleh Gubernur DI Yogyakarta. Pentas budaya ini juga diharapkan sebagai salah satu cara untuk mendatangkan lebih banyak pengunjung ke Desa Sawahan dan juga mengenalkan kepada masyarakat luas bahwa Desa Sawahan mempunya Showroom Batu Mulia dan menggangkat ekonomi masyarakat sekitar.

Bowo Sutrisno, Kepala Desa Sawahan menuturkan, masyarakat masih senang melihat seni seni lokal yang dipandang sebelah mata oleh beberapa pihak. Ia berharap para generasi muda juga ikut membantu dan aktif dalam menjaga dan melestarikan seni budaya dan kearifan lokal yang ada. (Hari).

Komentar

Komentar