Masih Banyak Kera di Pantai Nglambor

oleh -
Kera Ekor Panjang di Kawasan Pantai Nglambor. Foto: Jhody.
iklan dispar
Kera Ekor Panjang di Kawasan Pantai Nglambor. Foto: Jhody.

TEPUS, (KH) — Pantai Nglambor yang selama ini dikenal keindahan bawah lautnya yang sangat indah dan menawan hati para pecinta olahraga snorkling masih mempunyai habitat alami kera ekor panjang.

Supiyo (48), warga kawasan Nglambor menuturkan kepada KH,  bahwa kera ekor panjang tersebut berada di bukit sebelah utara pantai Nglambor, Senin (1/11/12).

“Jumlah kera tersebut ada ratusan ekor. Mereka selalu turun gunung mencari makanan,” ujarnya

Menurutnya, jumlah kera di pantai Nglambor semakin sedikit karena ekosistem alaminya di wilayah ini terusik dengan semakin menanjaknya popularitas pantai ini sebagai objek wisata.

Hal ini juga diamini oleh Suroyo (34), Kepala Bagian Ekonomi Pembangunan (Ekobang) Desa Purwodadi. Dalam keterangannya, Pemdes akan berusaha menanggulangi keberadaan kera ekor panjang yang saat ini mengganggu dan merusak tanaman warga sekitar untuk dimakan.

“Pemerintah desa akan menanam tanaman hijau untuk makanan kera, agar tidak lagi merusak tanaman warga sekitar Nglambor,” ujarnya.

Menurut Suroyo, besok pagi (Rabu, 3/12/14) Pemdes beserta masyarakat akan melakukan penanaman di atas bukit sekitaran pantai Nglambor, untuk menanggulangi kera yang merusak tanaman warga.

“Kami akan menanam tanaman buah dan tanaman hijau di bukit untuk mengembalikan kera ke habitatnya. ¬†Dengan demikian dapat menanggulangi serta mengurangi aktivitas kera merusak tanaman warga,” pungkasnya. (Jhody/Tty)

Komentar

Komentar