Mardi : Gapoktan Sido Rahayu Tanam Sorgum dan Padi dari Batan

oleh -
ucapan natal smkn 3 wonosari

PLAYEN, (KH) — Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) Sido Rahayu Playen, Kecamatan Playen Kabupaten Gunungkidul, mulai mendistribusikan bantuan bibit sorgum dan padi bantuan dari Batan. Untuk sorgum sebanyak 5 kg sudah disemaikan di lahan seluas 800 m2. Untuk padi disemaikan di lahan seluas 2.400 m2.

 

Sebagian bibit sorgum dibagikan kepada 8 kelompok, masing-masing 1 gelas, dan untuk padi mendapat bantuan 5 kwintal. Hal tersebut dikatakan Ketua Gapoktan Sido Rahayu Playen Mardi, Rabu (19/11/2014) di rumahnya Dusun Bogor Playen.

 

Untuk bantuan benih padi satu paket 5 kg gabah, sehingga tiap kelompok anggota Gapoktan Sido Rahayu mendapat jatah 12 paket dan ada yang 14 paket. Jumlah Kelompok anggota Gapoktan Sido Rahayu ada 8 kelompok.

 

Untuk pupuk, berdasarkan keputusan musyawarah Gapoktan Sido Rahayu, Selasa malam (18/11/2014), petani akan swadaya. Masing-masing petani menyiapkan 2 karung pupuk kandang, sedang pupuk organik disediakan 1 zak.

 

Penanaman, pemupukan  padi dan sorgum sudah dilakukan secara serentak agar pertumbuhan bibit bersamaan, sesuai dengan keputusan pertemuan anggota Gapoktan Sido Rahayu.

 

Ditambahkan oleh Harjono, Kadus Playen I, warga tani di dusunnya sudah melakukan penanaman padi, sorgum dan bonggol ketela. Petani antusias ikut menanam sorgum bantuan dari Batan, sebagai percobaan tahap pertama, dan untuk padi tahap kedua.

 

Kades Playen, Surahno, secara rutin melakukan kordinasi dengan pengurus Gapoktan Sido Rahayu untuk memantapkan kerjasama antara Gapoktan dengan pemerintah dalam hal ini Batan Pusat. (Sarwo/Tty)

Komentar

Komentar