LPI: Fitri Yuli, Anak-anak SMA N 1 Tanjungsari Bermain Maksimal

oleh -
kadhung tresno

WONOSARI, kabarhandayani – Langkah SMA N 1 Tanjungsari yang harus terhenti di pertandingan pertama pada ajang Liga Pendidikan Indonesia (LPI) tingkat provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) menjadi catatan tersendiri bagi sang pelatih Fitri Yuli.

Fitri menjelaskan, di balik kekalahan anak asuhnya memang disadari bahwa lawan yang dihadapi, SMA N 4 Jogja adalah tim kuat di mana para pemainnya sebagian besar masuk dalam skuad Pekan Olahraga Pelajar Daerah (POPDA) Kota Jogja dan Pekan Olahraga Pelajar Wilayah (POPWIL) DIY. Pengalaman dan jam terbang bermain anak-anak asuhnya yang masih rendah dibandingkan tim lawan juga dianggapnya sebagai faktor kekalahan mereka.

“Memang tim lawan bermain lebih matang, tapi bukan berarti anak-anak bermain jelek. Mereka sudah bermain sesuai instruksi pelatih,” katanya, Senin (12/5/2014) di Stadion Gelora Handayani Jeruksari, Wonosari.

Ia meneruskan tetap menyatakan bangga pada skuadnya karena telah bermain maksimal dan berusaha keras mewakili seluruh SMA di Gunungkidul di ajang ini. Hal ini terbukti dari beberapa peluang yang berulangkali dihasilkan meski hasil akhir belum membuahkan skor.

“Kami tetap masih bisa mengimbangi permainan. Terbukti beberapa peluang tercipta namun masih bisa dimentahkan penjaga gawang,” lanjutnya.¬†

Pada kesempatan yang sama pelatih SMA N 4 Jogja, Iksan Fajar memberikan apresiasi kepada pemain mungil, Nurakhid Juanudin yang akrab dipanggil Didin. Menurutnya, strategi pressing ketat terhadap pemain andalan SMA N 1 Tanjungsari pada posisi gelandang serang ini memang dilakukan sejak awal permainan.

“Didin memang punya kualitas terbaik di Gunungkidul. Semua gerakkannya sudah kami antisipasi sehingga dia tidak bisa leluasa memainkan tempo. Alhasil, kami bisa mengatur serangan dan membuahkan 2 gol di babak kedua,” jelas Iksan.

Ke depannya Fitri akan semakin meningkatkan intensitas pertandingan melalui pertandingan-pertandingan yang lebih banyak lagi guna mencapai mental pemain yang lebih prima. Seperti pada tahun-tahun sebelumnya, SMA N 1 Tanjungsari  telah melakukan pertandingan persahatan dengan SMA N 1 Sayegan dan SMA Muhamaddiyah Klaten.

Penulis: Sumaryanto, Editor: Hery

Komentar

Komentar