Longsor Ancam 31 Warga Di Ponjong

oleh -
Posisi rumah yang dibawah jalan. Foto : Juju
iklan dispar
Posisi rumah yang dibawah jalan. Foto : Juju
Posisi rumah yang dibawah jalan. Foto : Juju

PONJONG, (KH) — Longsor mengancam 7 rumah penduduk di Desa Tambakromo, Kecamatan Ponjong, Selasa (5/5/2015).  Longsor terjadi akibat jalan corblok yang menghubungkan Dusun Garon dengan Dusun Sumberejo amblas.

Kepala Desa Tambakromo Sudigto Wiyoto mengatakan, longsor tersebut terjadi pada Minggu (3/5/2015) lalu. Hingga kini masyarakat dan pemerintah desa setempat tidak mampu mengatasi longsor, karena kerusakan jalan yang cukup parah.

“Hingga saat ini jalan terpaksa kita tutup. Jika nekat dilewati, maka 7 Kepala Keluarga (KK) yang dihuni 31 jiwa akan terancam. Kebetulan rumahnya tepat berada di bawah jalan yang longsor,” katanya.

Dijelaskannya, rumah yang terancam tertimbun longsoran di antaranya milik Warto, Toriyanto, Sukatno, Suparno, Ngadino, Winardi, dan Ratno Suwito. “Kondisi rumah sangat dekat dengan titik longsor, hanya berjarak sekitar 10 meter dari jalan,” ulasnya.

Longsornya jalan ini  juga mendapat perhatian serius Komisi C DPRD Gunungkidul yang langsung meninjau lokasi bencana. Dipimpin Ketua Komisi C, Purwanto didampingi Eko Rustanto dan beberapa anggota Komisi C serta petugas DPU dan BPBD, melihat kondisi jalan yang longsor.

“Karena ada beberapa rumah yang ada di bawahnya, perbaikan jalan tersebut mendesak untuk segera dilakukan,” ungkap Purwanto.

Untuk melakukan perbaikan jalan tersebut, ada beberapa perbaikan yang harus dilakukan. Menurutnya, tidak hanya memperbaiki talut, tetapi juga drainasi di sekitar jalan yang longsor. Berdasarkan kajian sementara, untuk melakukan perbaikan jalan ini membutuhkan dana sekitar Rp 350 juta.

“Jika DPU dan BPBD tidak ada pos anggaran, kami harapkan bisa menggunakan dana tak terduga, yang penting bisa segera ditangani,” pungkasnya. (Juju)

Komentar

Komentar