Lansia Mesti Semangat, Sehat

oleh -
iklan dispar

KARANGMOJO, kabarhandayani,– Konotasi negatif masa lansia atau lanjut usia pada umumnya adalah sebuah fase hidup yang tidak produktif, keluar-masuk rumah sakit, ngrepoti anak cucu, dan lain-lainnya. Namun, apa yang dikerjakan sejumlah warga dari berbagai paguyuban lansia Desa Bejiharjo Sabtu (20/9/2014) siang tadi bisa merubah konotasi negatif tersebut. Meski telah memasuki masa lansia, sejumlah 35 lansia masih bersemangat mengikuti kegiatan Pemberdayaan Masyarakat yang diselenggarakan LPPM UNY di balai desa setempat.
“Lansia Bejiharjo harus sehat dan produktif. Adanya kegiatan dari UNY pada kesempatan ini diharapkan mampu menambah ilmu dan menumbuhkan semangat, baik untuk pengelola POSYANDU Lansia maupun dari bapak-ibu lansia,” kata Subarjono, Pejabat Kepala Desa Bejiharjo saat menyampaikan pengantar kegiatan. Ia menambahkan bahwa para lansia perlu menjadi perhatian, karena jumlahnya yang terus bertambah.
Prof Dr Suharti, salah satu Guru besar UNY, dalam pemaparannya menjelaskan bahwa para lansia memiliki peran penting dalam penanaman nilai-nilai budaya, utamanya yang berkaitan dengan kejujuran, tanggungjawab, kebaikan dan unggah-ungguh sebagai bagian tak terpisahkan dalam usaha pembinaan budi luhur. “Pembinaan budi luhur ini berkaitan dengan ungkapan tradisional ajining diri saka lathi, ajining awak saka tumindak, ajining raga saka busana,” tandas Prof Suharti.
Lebih lanjut, ia menguraikan bahwa ungkapan tradisional tersebut bermakna seseorang menjadi dihargai oleh orang lain apabila mereka dapat menjaga tutur katanya, dapat menjaga tingkah laku dan menerapkan busana sesuai dengan kehidupan bermasyarakat, baik masyarakat profesi maupun sosialnya. Sebagai orangtua terutama bisa menempatkan diri didepan anak mereka, memberikan tauladan sikap yang terpuji sebab setiap perilaku orangtua akan dicontoh oleh anak mereka, ketika kecil anak menjadi cerminan penilaian orang lain terhadap orangtua.
Sri Iswanti, MPd, pembicara berikutnya memaparkan berbagai model dan ragam kegiatan kelompok paguyuban lansia yang mempunyai tujuan untuk mensejahterakan dan memandirikan para lansia. Peserta semakin terlihat semangat ketika diberikan kesempatan bertanya.
Melengkapi pemaparan, Hiryanto, M. Si memaparkan berbagai jenis kegiatan-kegitan paguyuban lansia yang sehingga mampu memberikan pencerahan untuk paguyuban lansia di Desa Bejiharjo. Ia menegaskan, manusia yang sudah aktif menyiapkan diri untuk tetap sehat sejak muda akan lebih sehat di masa tuanya. Karena itu para lansia tidak harus dirumah saja berdiam diri. Lansia mesti mengisi waktu untuk hal-hal yang produktif,  tetap semangat untuk hidup sehat, mandiri, dan produktif. (Berita kiriman dari: Yudan Hermawan, Ed; Jjw)

Komentar

Komentar