KPAD Gunungkidul Gelar Lomba Sinopsis tingkat SD dan SMP

oleh -
kadhung tresno
WONOSARI,(KH)— Dalam upaya meningkatkan minat membaca dan kemampuan menulis anak, KPAD Gunungkidul menyelenggarakan lomba sinopsis untuk kategori SD dan SMP tingkat Kabupaten Gunungkidul tahun 2014.Agenda tahunan ini diselenggarakan di Aula KPAD Gunungkidul pada Jumat (31/10/2014).

Kegiatan tersebut dimaksudkan untuk menumbuhkan minat baca pada anak yang salah satunya melalui kebiasaan membaca mulai dari membaca buku cerita-cerita ringan seperti cerita rakyat dan sejarah. Kebiasaan membaca juga dapat ditumbuhkan dengan membiasakan kepada anak untuk menulis dan menuangkan kembali apa yang telah dibacanya dalam bentuk sinopsis atau tulisan yang terus diasah melalui berbagai event dan lomba. 

“Lomba diikuti oleh beberapa sekolah tingkat SD  dan SMP se Gunungkidul. Sebelumnya para peserta lomba sudah mengumpulkan naskah sinopsisnya dan kemudian kami seleksi naskah tersebut  hingga tersaring 5 peserta tingkat SD dan 5 peserta tingkat SMP, dan hari ini merupakan  babak final,” ungkap Kasi Perpustakaan Prihastuti.

Prihastuti menambahkan bahwa Tema yang diangkat adalah tentang sosok pahlawan Indonesia. Untuk kategori SD mengangkat tema tokoh proklamasi Soekarno sedangkan untuk tingkat SMP mengangkat tema  Sri Sultan Hamengku Buwono IX.

Juri yang memberikan penilaian dalam lomba sinopsis ini terdiri dari tiga orang yaitu Karjiyadi MPd dari SMPN 1 Karangmojo, Parni SPd MPd dari SDN Mulo 1 dan Sunaryati SPd Ina dari SMPN 2 Wonosari.

“Bobot penilaian berdasarkan dua hal, 50 % untuk uraian naskah yang telah dikumpulkan pada  babak penyisihan dan 50 % untuk naskah dadakan yang dibuat peserta yang masuk babak final serta presentasi dari semua peserta yang masuk babak final,” ungkap Karjiyadi selaku Ketua Tim Yuri.

Para pemenang lomba akan mendapatkan hadiah berupa uang pembinaan dan juga Piagam dari Kantor Perpustakaan dan Arsip Daerah Kabupaten Gunungkidul.

Berikut nama-nama pemenang dari lomba sinopsis tersebut.Untuk tingkat SMP Juara 1 diraih oleh Syifaul Linas Salwa dari SMPN 1 Panggang,Juara 2 Vicky Annisa Nuraini dari SMPN 1 Nglipar dan Juara 3 Salma Nur Azizah dari SMPN 2 Nglipar.Sedangkan untuk tingkat SD Juara 1 diraih oleh Rafif Hanan dari SDN Mulo 1, Juara 2 Rafif Putra Dewa dari SDN Wonosari 1 dan Juara 3 Tiara Jihan Resi dari SDN Selang.(Yanti/Bara)

Komentar

Komentar