Konsep Saling Bantu, Pasar Sedekah Sediakan Kebutuhan Dengan Bayaran Do’a

oleh -
Pasar Sedekah di Wonosari. (KH)
iklan dispar

WONOSARI,(KH),– Di tengah pandemi COVID-19 banyak orang atau pihak yang peduli turut meringankan beban sesama. Sepertihalnya yang dilakukan warga Padukuhan Walikan, Kalurahan Pulutan, Kapanewon Wonosari yang berinisiatif menggelar pasar sedekah.

Di pasar ini disediakan kebutuhan pokok rumah tangga diantaranya sembako dan sayuran. Yang menarik, warga yang mengambil aneka kebutuhan tak perlu membayar dengan uang.

“Di pasar sedekah cukup membayar dengan doa. Karena tujuannya memang saling membantu,” kata Panitia penyelenggara, Wasidi, Minggu, (19/7/2020).

Warga yang sehabis membeli atau mengambil bahan makanan diminta untuk mendoakan agar musibah pandemi segera berakhir. Wasidi mengaku prihatin dengan dampak pandemi, selain memporakporandakan sektor kesehatan juga meluluhlantakkan sektor ekonomi.

“Ini yang ke dua. Rencananya akan kami gelar tiap Minggu pagi di halaman masjid setempat,” imbuh Sapardi.

Salah satu warga yang mengunjungi pasar sedekah, Aswi Nur mengaku sangat terbantu dengan adanya pasar sedekah. Pelaksanaannya bertempat di halaman masjid, menjadi wahana bertemunya antara orang yang hendak bersedekah dan orang yang membutuhkan bantuan.

Beberapa orang yang hendak bersedekah, diantaranya membeli bahan pangan lalu diserahkan ke panitia. Sebagian yang lain, untuk bahan pangan berwujud sayur ada yang memanen hasil tanamannya lalu disedekahkan.

“Kegiatan ini cukup membantu warga yang membutuhkan,” kata Aswi. (Kandar)

Komentar

Komentar