Kolam Alami Wediombo Berbahaya

oleh -
Kolam alami pantai Wediombo. Foto : Rado.
iklan dispar
Kolam alami pantai Wediombo. Foto : Rado.
Kolam alami pantai Wediombo. Foto : Rado.

GIRISUBO, (KH) — Kolam alami yang berada di pantai Wediombo, tepatnya di ujung selatan pantai saat ini menjadi incaran para pengunjung yang ingin berenang. Kolam alami ini berukuran kurang lebih berdiameter tiga meter dan memanjang sepuluh meter.

Kolam alami Pantai Wediombo sebenarnya sangat berbahaya bagi para wisatawan karena arusnya langsung menuju ke laut. Bagi para pengunjung yang tidak mengetahui karakter gelombang laut, sangat berbahaya. Beberapa kali kolam alami Pantai Wediombo menjadi lokasi laka laut.

Ketika gelombang laut besar dari sebelah barat, maka air akan tumpah ke kolam dengan aliran deras sekali. Gelombang laut yang tumpah di kolam tersebut, akan mengalir ke utara langsung menuju ke laut. Jika berenang di kolam saat gelombang besar, tubuh akan terseret ke utara menuju ke laut.

Arus besar juga terjadi dari sebelah selatan, ketika gelombang besar ombak mengalir melewati pelataran dan menuju ke kolam dengan arus yang sangat kuat yang langsung menuju ke laut.

“Kolam ini sebenarnya sangat berbahaya mas. Saya sering peringatkan pengunjung untuk tidak mandi di kolam saat gelombang besar,” ungkap Handoko selaku ketua SAR wilayah satu Girisubo.

Handoko menambahkan, pengunjung yang tidak mengetahui karakter gelombang laut, akan berakibat fatal bagi pengunjung tersebut. Handoko berharap, agar pengunjung selalu mengindahkan himbauan tim SAR yang berjaga. Sudah banyak korban jiwa akibat gelombang laut pantai selatan karena tidak mengindahkan himbauan para petugas SAR yang berjaga. (Rado/Bara)

 

Komentar

Komentar