Desa Sidorejo Ponjong Terus Berbenah

oleh -
Hamparan sawah Desa Sidorejo Ponjong. Foto: Hari.
iklan dispar
Hamparan sawah Desa Sidorejo Ponjong. Foto: Hari.
Hamparan sawah Desa Sidorejo Ponjong. Foto: Hari.

PONJONG, (KH) — Memasuki Tahun 2015, ada kabar gembira untuk warga Desa Sidorejo Kecamatan Ponjong. Berbagai program Pemerintah Desa yang berpihak pada kesejahteraan masyarakat telah disusun, baik itu fisik ataupun non fisik.

Puji Astuti BA, Kepala Urusan Perencanaan Desa Sidorejo, Ponjong mengatakan, tahun ini Pemdes ingin lebih memperhatikan masyarakat, lebih mengedepankan kesejahteraan masyarakat, juga meningkatkan SDM yang ada. Senin(19/1/2015) “Tahun ini juga ada pembaruan dalam hal administrasi. Oleh karena itu untuk menunjang pelayanan masyarakat yang lebih baik, diagendakan pelatihan komputer untuk semua perangkat desa,” tambah Puji Astuti.

Semboyan Pemerintah Desa Sidorejo Tahun 2015 adalah “Mempermudah dan Mensejahterakan Masyarakat”. Semboyan ini bukan tanpa arti. Banyak program yang sangat berpihak pada masyarakat, yaitu seperti pelayanan umum dipermudah, meningkatkan infrastuktur fisik Desa Sidorejo, pengoptimalan irigasi, pemasangan pompa air untuk mempermudah petani.

Ada juga program rehab rumah yang mentargetkan ada 15 rumah yang akan direhab berdasarkan usulan dari masing-masing padukuhan dan telah melewati seleksi dari Pemerintah Desa. Selain itu, juga ada agenda peningkatan sumber daya manusia di Desa Sidorejo, seperti pembentukan kelompok batik. Di masing masing padukuhan juga ada program peningkatan pengurusan jenazah.

Khusus untuk program bidang pertanian, Pemdes menyusun beberapa program utama, yaitu pemasangan pompa air, pembenahan dan penambahan saluran irigasi ke masing masing sawah yang ada di Desa Sidorejo. Hal ini dilakukan karena mayoritas masyarakat menggantungkan hidupnya dari pertanian. Langkah ini juga dilakukan untuk mensiasati cuaca yang kurang bersahabat dan tidak menentu.

Ada beberapa hal yang perlu diketahui oleh masyarakat luas, seperti pengetahuan perundangan undangan dan hukum. Agar perangkat desa dan masyarakat mengetahui apa itu perundang undangan dan hukum yang berlaku, Akan diadakannya sosialisasi kepada perangkat desa dan  masyarakat. Selain itu, akan dilakukan sosialisasi kepada masyarakat soal pentingnya membayar pajak.

Untuk agenda rehab rumah, Pemdes mentargetkan total 15 rumah berdasarkan proposal dari masing masing padukuhan. Untuk rumah yang direhab, tidak semua mendapatkan bantuan yang sama. Bantuan yang diberikan tergantung kebutuhan yang diperlukan, misalnya rumah itu belum ditembok, maka bantuan yang diberikan berupa batako, pasir, dll. Jadi masing-masing rumah mendapatkan bantuan berwujud barang yang berbeda be

Semua program yang diagendakan oleh Pemdes, diharapkan menjangkau masyarakat Desa Sidorejoh. Harapannya, masyarakat lebih sejahtera dari sekarang, mulai dari perekonomian, kesejahteraan, kesehatan, pertanian, serta lebih meningkatnya kualitas SDM di Desa Sidorejo. (Hari)

Komentar

Komentar