Keunikan Alam Gunungkidul: Pesona Tersembunyi Pantai Watu Lawang

oleh -
oleh
alam
Pantai Watu Lawang. (foto: instagram.com/endri_yat)
iklan dprd

GUNUNGKIDUL, (KH),– Sebelum anda benar-benar mantap ingin mampir ke Pantai Watu Lawang, ada baiknya sedikit berkenalan dengan pantai keren satu ini. Pantai dengan pesona alam yang akan membuatmu takjub.

Sebagai informasi, asal mula nama ‘Pantai Watu Lawang’ ini menyimpan cerita unik. ‘Watu’ berarti batu dan ‘lawang’ artinya pintu. Bayangkan, batu karang besar dengan lubang mirip pintu yang menjorok ke laut. Bentang alam super unik, bukan? Ini jadi salah satu keistimewaan yang membedakan pantai ini dengan yang lain. Sudah pasti Instagramable buat foto-foto!

Lebih lanjut, bukan cuma itu saja keunikan dari pantai ini. Beberapa spot foto keren, seperti pemandangan pantai yang bikin mata melek serta tempat foto dengan background formasi batu karang yang gagah. Semua keunggulan itu menunggu kamu untuk segera dieksplor. Ada juga pondok-pondok kecil di atas batu karang yang dihubungkan oleh jembatan bambu. Menurut orang-orang yang berkunjung, spot baru ini lagi hits di kalangan pengunjung.

Akses dan Petualangan Alam

Lokasi pantai Watu Lawang memang sedikit tersembunyi. Namun, anda tidak perlu risau. Pengunjung dapat mengakses pantai ini melalui akses yang terletak di area parkir Pantai Indrayanti atau Pantai Pulangsawal.

iklan golkar idul fitri 2024

Cara akses pantai Watu Lawang, cukup arahkan perjalananmu ke arah Pantai Pulangsawal. Bagi yang berangkat dari Yogyakarta, rutenya bisa lewat Wonosari atau Kapanewon Panggang, lalu lanjutkan perjalanan sampai ke Bintaos, Tepus.

Dari Jogja, waktu tempuhnya kira-kira 2 jam. Rutenya menjelang tiba di kawasan pantai berupa jalan naik turun dan berkelok. Nampaknya perjalanan labih  praktis apabila apabila anda membawa motor saja. Apabila mengendarai mobil, mohon untuk tetap waspada karena lebar jalan terbatas.

Pantai Watu Lawang persis berada di sisi timur Pantai Pulangsawal. Jadi, arahkan saja laju kendaraanmu ke Pantai Pulangsawal.

Jalur perjalanan dari Yogyakarta menuju Pantai Watu Lawang juga menawarkan pemandangan alam yang mempesona. Anda akan melewati perbukitan yang hijau dan asri, serta hamparan ladang milik petani.

Tiket Masuk dan Fasilitas

Bagi kamu yang berencana berkunjung ke Pantai Watu Lawang, tak perlu risau mengenai biaya. Dengan tiket masuk hanya Rp10.000, anda dapat memasuki kawasan pantai ini. Biaya parkir juga cukup terjangkau, berkisar Rp5.000 untuk sepeda motor dan Rp10.000 untuk mobil.

Meskipun dengan harga tiket yang sangat terjangkau, fasilitas yang ditawarkan tetap memuaskan. Ada area parkir, kamar mandi, tempat berteduh, sampai warung makan dan minum.

Buat kamu yang sudah tidak sabar mau liburan ke Pantai Watu Lawang Gunungkidul, jangan sampai melupakan beberapa persiapan, seperti :

  1. Siapkan gadget: pastikan ponsel, kamera, dan powerbankmu terisi penuh untuk mengabadikan momen indah di Pantai Watu Lawang.
  2. Ajak teman atau keluarga: Perjalanan akan terasa lebih seru jika anda pergi bersama teman-teman atau keluarga. Sebab, momen kebersamaan itu pasti akan jadi lebih berharga.
  3. Kendaraan dalam kondisi prima: Pastikan kendaraan dalam kondisi terbaik sebelum berangkat. Jangan sampai mood liburanmu terganggu gara-gara kendaraan mogok di tengah jalan.
  4. Bawa bekal dan jaga kebersihan: Selalu bawa pulang sampahmu dan jangan buang sampah sembarangan di pantai. Kita semua punya tanggung jawab untuk menjaga keindahan Pantai Watu Lawang ini.

Dengan segala pesonanya, Pantai Watu Lawang siap menyambut kehadiran anda untuk mengisi liburan dengan pengalaman yang tak terlupakan. Jadi, siapkan diri dan jadikan petualanganmu lebih berkesan di sini!

Berbagi artikel melalui:

Komentar

Komentar