Ketua DPRD Gunungkidul Dilantik

oleh -
iklan dispar

WONOSARI, kabarhandayani—Ketua dan Wakil Pimpinan definitive Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Gunungkidul resmi dilantik hari ini, Senin (29/9/2014). Pelantikan berdasarkan SK Gubernur Nomor 225/KEP/2014 tentang pelantikan Pimpinan DPRD Gunungkidul. Adapun ketua DPRD yakni Suharno, wakil ketua dijabat Supriyadi, Marsiyono, dan Ngadiyono.
Ketua DPRD Gunungkidul, Suharno mengakui, agenda padat sudah menunggu dewan periode 2014-2019. Salah satunya membahas Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Perubahan 2014. “ Setelah pelantikan ini, kita akan melakukan rapat pengesahan tatib dewan,” kata Suharno saat ditemui seusai pelantikan, di DPRD Gunungkidul.
Bupati Gunungkidul Hj. Badingah dalam sambutannya menyatakan, tanggung jawab anggota dewan yang besar, diharapkan dapat dilaksanakan dengan penuh tanggung jawab. Oleh karena itu, pimpinan dewan memegang peranan penting dalam membawa fungsi lembaga leslatif.
“Dalam era otonomi daerah menuntut kapasitas, kapabilitas dan integritas anggota dewan sangat dibutuhkan sehingga mampu merespon kepentingan publik, mohon diperhatikan hal ini,” ungkap Badingah.
Dia percaya, tanpa ada suasana kebersamaan dan saling menompang, maka realisasi target yang disepakati bersama sulit tercapai. Menurut Badingah, fungsi legislasi yang dimiliki dewan dan eksekutif diharapkan dapat menghasilkan produk hukum yang mampu mewadahi dinamika masyarakat.
“Akomodasi kepentingan masyarakat dapat dituangkan dalam sikap kritis, analisis, dan dengan penuh pertimbangan, sehingga dapat menghasilkan kebijakan yang berkualitas. Selain itu, kerja sama yang ada mampu memberikan dampak positif dan mendukung visi misi Pemkab Gunungkidul 2010-2015,” jelasnya.
Badingah berharap pasca pengambilan sumpah janji pimpinan dewan, maupun pembentukan kelengkapan dewan, pimpinan dan anggota, agar senantiasa mengembangkan kemitraan bersama jajaran eksekutif.
“Tahun 2014 masih menyisakan 1 Triwulan, kiranya dapat dimanfaatkan secara sungguh-sungguh melalui kerja nyata dan mementingkan harapan publik,” harapnya.
Pengambilan sumpah tersebut diambil oleh Wakil Ketua PN Wonosari, Sundari. dan dengan rapat paripurna istimewa DPRD yang dihadiri oleh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD), dan tamu undangan.(Juju/Tty)

Komentar

Komentar