Kemudahan Investor Masuk Ke Gunungkidul Tingkatan Kesejahteraan Masyarakat

oleh -
Pemberian cindera mata dari Pemkab Gunungkidul kepada pendiri pabrik sarung tangan di Desa Candirejo, Kecamatan Semin. KH
iklan dispar
Pemberian cindera mata dari Pemkab Gunungkidul kepada pendiri pabrik sarung tangan di Desa Candirejo, Kecamatan Semin. KH

GUNUNGKIDUL, (KH),– Menarik banyak investor menjadi salah satu cara Pemerintah Kabupaten Gunungkidul dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Komitmen mempermudah investasi tersebut saat ini benar-benar diwujudkan pemerintah daerah.

Hal tersebut disampaikan Bupati Gunungkidul, Badingah usai acara peletakan batu pertama pembangunan industri pabrik sarung tangan PT Wonnel Midas Leather di Candirejo, Semin, Kamis (27/9).

“Sebab, jelas mengurangi angka pengangguran. Karena keberadaan industri yang didirikan di Gunungkidul akan menyerap tenaga kerja lokal,” ujar Badingah.

Menurutnya, pihak investor harus memiliki komitmen untuk menyerap tenaga kerja lokal. Sehingga secara langsung mendukung program pemerintah dalam hal penyediaan lapangan pekerjaan demi meningkatkan kesejahteraan.

Lanjut Badingah, industrialisasi menjadi salah satu strategi yang berbasis pada potensi daerah yakni tersediannya tenaga kerja atau sumber daya manusia.

Badingah berharap, selain menguntungkan PT. Woneel Midas Leather sendiri keberadaan pabrik juga dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi khususnya di Desa Candirejo. “Serta berkontribusi posisitif bagi pertumbuhan ekonomi dan mempercepat pembagunan di Kabupaten Gunungkidul,” harap Badingah.

Pabrik sarung tangan kulit tersebut dipastikan akan membutuhkan tenaga kerja yang cukup banyak. Tenaga kerja pabrik akan memprioritaskan warga lokal dengan capaian kurang lebih 90 persen. Sebagian kecil saja akan ditempatkan pekerja dari Korea sebagai tenaga ahli atau bidang tertentu guna menjaga kualitas produksi.

Pendiri Pabrik, Dong Chul Kim mengungkapkan, pabrik akan menyerap 500 tenaga kerja ditahap awal. Lantas bila sudah berjalan jumlah tenaga menyesuaikan kebutuhan. Diperkirakan tenaga kerja akan bertambah hingga 1.500 orang.

Hasil produk PT Wonnel Midas Leather nanti akan dijual ke sejumlah negara-negara besar, seperti di Eropa, Amerika, dan Jepang. (Kandar)

Komentar

Komentar