Kejar Retribusi Rp 29,6 Miliar Di Tahun 2020, Dispar Siapkan Berbagai Event

oleh
TPR utama menuju pantai Baron. KH/ Kandar.

WONOSARI, (KH),– Kunjungan wisata tahun 2019 tak menghasilkan retribusi sesuai yang diinginkan. Tercatat, dari target sebesar Rp. 27,9 Miliar, retribusi wisata mentok diangka Rp. 25 Miliar lebih.

Kepala Dispar Gunungkidul, Ir. Asty Wijayanti mengungkapkan, terdapat beberapa faktor yang menyebabkan target tidak terpenuhi. “Salah satunya karena dipengaruhi adanya bencana alam di tri wulan pertama tahun 2019,” ungkap Asty, Kamis, (31/1/2020) di Wonosari, Gunungkidul.

Sementara untuk tahun 2020 ini pihaknya mematok target sebesar Rp. 29,6 Miliar. Guna mendongkrak kunjungan wisatawan agar target tercapai beberapa event disiapkan.

“Salah satunya Tourism Festival Cokelat yang rangkaiannya digelar di kawasan Nglanggeran, Kecamatan Patuk,” kata dia.

Selain event yang akan digelar pada Bulan Maret itu, pidaknya juga menyiapkan event lain, diantaranya Gunungsewurun, Geoparknight specta, Pengibaran bendera raksasa dan Tour Gunungsewu.

Dijelaskan, program kegiatan tersebut melengkapi program kegiatan yang ada sebelumnya. Selain mengagendakan program daya tarik wisata, pihaknya juga berharap selama tahun 2020 tidak ada musibah yang berdampak langsung terhadap kunjungan wisata.

“Musibah seperti cuaca buruk dan fenomena gelombang tinggi dampaknya besar bagi kunjungan wisata pantai,” tuturnya.

Disinggung mengenai kasus antraks terhadap kunjungan wisata, pihaknya mengklaim hal tersebut tidak berdampak signifikan. (Kandar)

Komentar

Komentar