Kasus COVID-19 Gunungkidul Naik Signifikan, Tercatat Total Ada 205 kasus

oleh -
ilustrasi. (istimewa/radar kudus)
iklan dispar

GUNUNGKIDUL, (KH),— Dua hari terakhir, menurut catatan Dinas Kesehatan (Dinkes) jumlah kasus COVID-19 di Gunungkidul tercatat naik signifikan.

Kepala Dinkes Gunungkidul, Dewi Irawaty menyebutkan, Selasa (8/9) terdapat tambahan 6 kasus. Sementara sehari setelahnya ada tambahan 3 kasus baru.

“Hari Selasa (8/9) tambah 6, 4 di antaranya berasal dari Kapanewon Ngawen, 2 lainnya masing-masing berasal dari Paliyan dan Semanu,” terang Dewi, Rabu (9/9/2020).

4 kasus yang Ngawen ini merupakan hasil kontak dengan konfirmasi positif sebelumnya. Mereka bukan keluarga melainkan tetangga kasus sebelumnya.

Untuk 3 kasus bari hari, Rabu (9/9) diantaranya terdiri dari 2 laki-laki asal Wonosari dan seorang wanita asal Saptosari.

Data kasus secara akumulasi, saat ini terdapat sebanyak 205 kasus terkonfirmasi positif asal Gunungkidul. Ada 19 kasus dalam perawatan di rumah sakit rujukan.

Data akumulasi saat ini terdapat sebanyak 180 kasus dinyatakan sembuh dari COVID-19. Rasio kesembuhan COVID-19 di Gunungkidul tergolong tinggi, yaitu di angka 87,8 persen. Hingga hari ini juga tercatat ada 6 kasus positif COVID-19 yang dilaporkan meninggal dunia.

Sementara itu, Pemkab Gunungkidul telah mengesahkan Peraturan Bupati (Perbup) Nomor 63/2020. Isinya tentang Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) di mana protokol kesehatan sangat diutamakan.

Sebagaimana disampaikan Kabag Hukum, Sekretariat Daerah Gunungkidul Muhammad Miksan, Pemkab saat ini fokus pada sosialisasi dari isi Perbup tersebut.

Masyarakat akan menjadi sasaran edukasi mengenai Perbup yang dikeluarkan.

“Agar mereka lebih memahami isinya. Ini menjadi langkah preventif,” terang Miksan. (Kandar)

Komentar

Komentar