Intip Harta Bacalon Bupati dan Wakil Bupati Gunungkidul: Sementara Benyamin Paling Kaya

oleh -
ilustrasi. (KH)
kadhung tresno

GUNUNGKIDUL, (KH),— Menyampaikan Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) menjadi salah satu syarat bagi bakal calon kepala daerah. Undang-Undang Nomor 10 Tahun 2016 tentang Pilkada menyatakan, surat tanda terima laporan kekayaan calon merupakan salah satu syarat yang harus dipenuhi untuk menjadi calon kepala daerah.

Berdasar penelusuran di laman https://elhkpn.kpk.go.id/ nama sebagian bakal calon bupati dan wakil bupati yang mengikuti Pemilihan Kepala daerah (Pilkada) Gunungkidul telah muncul laporan kekayaan hartanya.

Setidaknya untuk sementara ini KH berhasil menemukan laporan kekayaan dari 6 bakal calon bupati maupun wakil bupati. Mereka diantaranya Immawan Wahyudi. Saat informasi diakses, Selasa (8/9/2020) Bakal calon bupati yang diusung Nasdem ini memiliki harta Rp 2 Miliar.

Adapun pendamping Immawan dalam pencalonan, laporan harta Martanty Soenar Dewi belum berhasil ditemukan.

Sedangkan untuk dua nama Bakal Pasangan Calon (Bapaslon) yang diusung 4 partai koalisi, PAN, PKS, Demokrat dan Gerindra, laporan kekayaannya dapat ditemukan. Masing-masing diantaranya, Sutrisna Wibawa tercatat memiliki harta Rp 3 Miliar. Lantas si bakal calon wakil bupati, Mahmud Ardi Widanto memiliki harta kekayaan yang lebih banyak, yakni mencapai Rp 4,1 Miliar.

Sementara itu, Bapaslon jago PDIP, Bambang Wisnu Handoyo-Benyamin Sudarmadi juga tercatat telah menyampaikan laporan harta kekayaan mereka. Bambang Wisnu Handoyo memiliki harta Rp 3,4 Miliar. Harta Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BKAD) DIY ini masih kalan jauh dibanding calon wakilnya, Benyamin Sudarmadi. Lelaki berlatarbelakang wiraswasta ini memiliki total kekayaan mencapai Rp 8,4 Miliar.

Adapun nama terakhir yang data hartanya berhasil ditemukan yakni Heri Susanto. Bakal calon wakil bupati yang berpasangan dengan Sunaryanta ini memiliki harta sebanyak Rp 3,6 miliar.

Dari hasil penelusuran tersebut, sementara ini Benyamin tercatat memiliki harta paling banyak. Adapun bakal calon dengan jumlah hartanya paling sedikit yakni lelaki yang saat ini masih menjabat sebagai wakil bupati Gunungkidul, Immawan Wahyudi. (Kandar)

Komentar

Komentar