Kalurahan Ponjong Dapat Bantuan Rp 1 Miliar Dari Pemda DIY

oleh -
kadhung tresno

SEMANU, (KH),— Kalurahan Ponjong, Kapanewon Ponjong, Gunungkidul menerima bantuan Rp 1 Miliar dari Pemerintah DIY. Penyerahan dilakukan oleh Wakil Gubernur DIY, Paku Alam X Selasa (25/08/2020) di kompleks PT Widodo Makmur Unggas (WMU) di Semanu.

Menurut Wagub, bantuan diberikan sediannya untuk pengembangan peternakan sapi dan pembangunan saluran irigasi pertanian dan lahan produktif.

“Agar nanti penerima bantuan yakni kelompok ternak sapi ‘Pali-Pali’ lebih berkembang. Saluran irigasi juga akan mendongkrak usaha pertanian,” kata Paku Alam X mewakili Gubernur DIY, Sri Sultan HB X.

Menurutnya, hibah bantuan tersebut juga merupakan bagian dari kemitraan dengan PT WMU melalui program Corporate Social Responsibility (CSR). Paku Alam berharap kelompok dan masyarakat penerima nanti lebih siap dalam kegiatan usaha bersama dengan tersediannya bantuan hibah.

Sementara itu Bupati Gunungkidul, Badingah meyakini dengan adanya bantuan hibah tersebut membuat para petani dan peternak di Ponjong semakin produktif sehingga perekonomiannya meningkat.

“Masyarakat dimohon menjaga dan mengelola fasilitas yang diberikan tersebut dengan baik. Manfaat bantuan ini nanti akan dirasakan dalam jangka waktu yang lama,” pesan Badingah.

Lebih jauh dikatakan, bantuan hibah sapi akan memperkuat dan mempertahankan predikat Gunungkidul sebagai Gudang Ternak DIY.

Sementara itu, dengan adanya bantuan pengembangan jaringan irigasi, bupati optimis akan mengatasi kendala air saat musim kering. Terpenuhinya air di lahan produktif jelas akan sangat membantu meningkatkan profuktivitas petani.

“Kapasitas dan kualitas produksi petani sangat mungkin meningkat, hal ini akan lebih memantapkan predikat Gunungkidul sebagai Lumbung Pangan DIY,” tukas Badingah. (Kandar)

Komentar

Komentar