Jelang Natal, Lima Gereja Bakal Disterilisasi

oleh -
Persiapan perayaan Natal di salah satu Gereja
iklan dispar
Persiapan perayaan Natal di salah satu Gereja
Persiapan perayaan Natal di salah satu Gereja, Foto: KH/ Maria Anjani

WONOSARI, (KH)–Jelang perayaan Natal bagi umat Kristiani, seluruh gereja besar di Gunungkidul akan mendapat giliran untuk disterilisasi dari ancaman bom jelang ibadah Natal 2015.

Lima gereja besar di Gunungkidul yang memiliki jemaat cukup banyak, akan disterilisasi oleh Tim Penjinak Bom Brigade Mobil (Tim Jibom Brimob) Gegana Kepolisian Daerah Istimewa Yogyakarta (Polda DIY). Sedangkan untuk 102 gereja dengan jemaat lebih sedikit, akan disterilisasi oleh satuan dari Kepolisian Sektor dan Tim Kepolisian Resor (Polres) Gunungkidul Kendali Kepala Satuan Sabhara.

Kepala Bagian Operasi Polres Gunungkidul, Komisaris Polisi (Kompol) Eddy Sugiharto pada Rabu (23/12/2015) mengatakan, bahwa nantinya sterilisasi dari Polda DIY masih menunggu jadwal dari Polda DIY. Pasalnya, Polda DIY juga akan mensterilisasi sejumlah gereja di kabupaten yang lain.

“Selain melakukan sterilisasi, Polres Gunungkidul, juga akan menyortir barang bawaan jemaat gereja untuk meminimalisir gangguan atau potensi hal yang tidak diinginkan. Nantinya, kami akan mempersilakan kepada jemaat untuk memeriksa sendiri juga tas bawaan mereka,” terangnya.

Untuk memaksimalkan pengamanan, Polres Gunungkidul akan menggunakan kekuatan 670 personel. Juga menjalin kerja sama dengan berbagai pihak seperti Tentara Nasional Indonesia, Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika, Satuan Polisi Pamong Praja, Praja Muda Karana, dan petugas swakarsa.

Sementara itu, persiapan pengamanan Natal dan Tahun baru juga sudah dilakukan oleh gereja. Seperti dikemukakan oleh perwakilan Gereja Petrus dan Paulus, Kelor, Karangmojo, Antonius Sukandi. Ia menyatakan, sudah melakukan komunikasi kepada Kepolisian Sektor dan Perlindungan Masyarakat setempat, agar mereka membantu pengamanan gereja sejak 23 Desember 2015 hingga 1 Januari 2016 mendatang.

Pengamanan tempat ibadah umat Nasrani di Wilayah Polres Gunungkidul, diprioritaskan di lima gereja besar yakni :

-Gereja Santo Petrus, Wonosari

-Gereja Santo Yusuf, Bandung, Playen

-Gereja Kristen Jawa Wonosari

-Gereja Kristen Jawa Wiladeg, Karangmojo

-Gereja Santo Petrus dan Paulus, Kelor, Karangmojo

(Maria Anjani)

Komentar

Komentar