Jatah Kursi Ketua DPRD Milik PDI Perjuangan

oleh -
iklan dispar

WONOSARI, kabarhandayani.- Siapa pejabat baru yang akan menduduki kursi DPRD Gunungkidul masih samar terlihat. Namun, kursi ketua DPRD Gunungkidul dipastikan milik PDI Perjuangan (PDIP). Hal tersebut menyusul perolehan 11 kursi dari total 45 kursi, dan keluarnya PDIP sebagai pemenang pada pemilihan legislatif (pileg) April lalu.
Ketua DPC PDI Perjuangan Gunungkidul, Budi Utama mengatakan, ada tiga nama calon Ketua DPRD yang disiapkan pada periode 2014-2019. Pemilihan tiga nama tersebut sudah sesuai dengan mekanisme pemilihan Ketua Dewan berdasar pada surat keputusan DPP yang mengatakan Ketua DPRD harus berasal dari struktural.
Budi mengungkapkan ada tiga nama yang muncul sebagai kandidat ketua DPRD Gunungkidul, yakni Suharno, Desiyanti, dan Indah Subekti Kurnianingsih. Namun dalam rapat intern yang berlangsung minggu pekan lalu, Suharno terpilih sebagai Ketua DPRD. “Suharno terpilih sebagai ketua sementara,” kata Budi, Kamis, (07/08/2014).
Budi memaparkan, untuk menentukan calon ketua DPRD, pihaknya membentuk tim yang bekerja secara independen. Lima anggota tim terpilih dipastikan tidak masuk menjadi anggota DPRD. Tim tersebut terdiri dari Budi Utama (ketua tim) dengan anggota Agustinus, Sutarpan, Marsubroto, Supriyono, dan Supriyo Hermanto.
Tiga nama yang muncul kata Budi, kemudian diajukan ke DPP PDIP sesuai dengan prosedur. DPP kemudian melakukan tahapan seleksi. Hasil seleksi itulah yang akan memilih satu dari tiga kandidat yang akan mengisi jabatan DPRD Gunungkidul.
“Posisi jabatan Ketua DPRD sementara ini berlaku hingga terbentuk seluruh alat kelengkapan (alkap) DPRD, termasuk di antaranya unsur pimpinan dewan,” papar Budi.
Sekretaris Dewan DPRD Gunungkidul Tudjuh Priyono mengatakan, meski pelantikan anggota DPRD periode 2014-2019 Gunungkidul  dijadwalkan pada 11 Agustus mendatang, namun sampai hari ini Sekretaris Dewan belum menerima nama ketua dan wakil ketua sementara dari partai politik .
Pihaknya mengaku sudah mengirimkan surat kepada DPC PDI Perjuangan sebagai pemilik kursi terbanyak dan DPD PAN Gunungkidul sebagai pemenang kedua. Namun, hingga kini daftar nama ketua sementara belum disampaikan. “Sudah dikirim beberapa waktu lalu, namun sampai sekarang belum ada balasan,” katanya.
Ketua DPD PAN Gunungkidul M Dody Wijaya, mengatakan baru menerima surat dari sekwan Rabu (6/8/2014) kemarin. Pihaknya akan melakukan rapat intern untuk menentukan wakil ketua sementara. Namun ia enggan berkomentar siapa saja calonnya. “Jika sudah selesai, Kemungkinan besok akan langsung kita serahkan,” katanya.(Juju/Tty)

Komentar

Komentar