Pepohonan Belum Merindangi Kawasan Terminal

oleh -
iklan dispar

WONOSARI, kabarhandayani,– Program pemerintah untuk memperindang kawasan Terminal Dhaksinarga sudah dilakukan dengan menanam sebanyak 225 pohon besar di halaman Terminal Dhaksinarga Selang.
Ratusan pohon ini ditanam dengan  menghabiskan dana sebesar Rp 198 juta, menggunakan dana geseran APBD Proyek Taman Pancuran. Adapun lokasi pohon yang ditanam di kawasan terminal antara lain, di halaman terminal dan di area parkir bus di halaman belakang terminal.
Kepala Kantor Pengendalian Dampak Lingkungan Gunungkidul (KAPEDAL) Irawan Jatmiko menuturkan, perlu adanya penghijauan di kawasan terminal agar tidak lagi gersang. “Penanaman ini adalah program pergeseran APBD Taman Pancuran. Saat pembangunan taman tersendat, kami alihkan ke penghijauan kawasan terminal,” katanya, Kamis (07/08/2014).
Dia juga menjelaskan, agar segera diperoleh hasil, maka pohon yang ditanam harus langsung pohon yang ketinggiannya sudah mencapai 5 – 10 meter. Jika menanam bibit, terlalu lama menunggu bibit tersebut besar. Ada beberapa jenis pohon yang kami tanam antara lain sawo kecik, bintaro, sawit, salam. Dalam kenyataannya pohon tersebut belum bisa tumbuh rindang sesuai harapan.
“Tadinya harapan kami pada Lebaran tahun ini pohon sudah rindang. Pemudik tidak kepanasan dan kondisi di kawasan terminal tidak gersang lagi. Pada kenyataannya pohon baru mau bersemi dan hanya ada satu dua yang sudah rindang,” paparnya
Terpisah, Budiono, Ketua PUK Terminal Dhaksinarga menyambut baik agenda penanaman pohon oleh Kapedal, karena terminal terlihat panas dan gersang jika tidak ada pepohonan. Untuk Lebaran tahun ini pohon belum sangat rindang karena butuh waktu untuk pohon-pohon besar. Budiono yakin, 2-3 tahun lagi, pohon-pohon yang ditanam sudah dapat tumbuh dan rindang. “Tindakan yang tepat, karena penghijauan terminal juga penting, agar tidak terlihat gersang,” ujarnya.
Dirinya berharap pengurus taman benar-benar memperhatikan pohon yang baru tersebut, agar tanaman cepat berkembang dan program pemerintah berjalan sesuai harapan. “Semoga pada Lebaran tahun 2015 nanti pohon-pohon yang sudah hidup dapat berkembang, tumbuh rindang dan masyarakat akan merasa nyaman saat datang ke terminal ini,” harapnya. (Atmaja/Tty)

Komentar

Komentar