Jalan Nasional Gading – Siyono Dipasangi Pipa Resapan

oleh -
Pemasangan pipa resapan di ruas jalan nasional Gading - Siyono. KH/Sarwo.
iklan dispar
Pemasangan pipa resapan di ruas jalan nasional Gading -  Siyono. KH/Sarwo.
Pemasangan pipa resapan di ruas jalan nasional Gading – Siyono. KH/Sarwo.

PLAYEN, (KH) — Diaturnya lalu-lintas satu arah di jalan nasional dari Simpang Tiga Gading sampai Bundaran Siyono karena dilakukan pemasangan pipa resapan di jalan sebelah kiri (dari arah Jogja). Penggalian tanah untuk memasang pipa resapan menggunakan alat berat, kedalaman galian tanah sekitar 2 meter.

Menurut pengawas proyek, Purnama dan Arif, proyek ini dibiayai dengan dana APBN. Pipa resapan bertugas menerima resapan air, setelah masuk ke pipa resapan, akan mengalir ke sungai, sehingga resapan air pada tubuh jalan berlangsung lancar, tidak membuat jalan rusak/retak.

Untuk lokasi Gunungkidul, memang dilakukan dari titik 33 dihitung dari titik awal Kantor Pos Jogjakarta. Titik 33 lokasinya di dekat Balai Desa Bandung, arah ke timur dengan panjang 600 meter, jalan yang retak-retak dibongkar, setelah dibongkar langsung diaspal lagi.

“Jalan yang sudah dibongkar, mulai Sabtu 20 Juni 2015 mulai diaspal. Pada awal puasa akan libur untuk menghormati datangnya bulan suci,” kata Purnama sambil menunjuk ke jalan yang segera di aspal lagi.

Pemasangan pipa resapan dan pengaspalan jalan, menurut pengawas akan dilakukan sampai bulan Oktober 2015. Memang ada yang terganggu, tetapi proyek tetap berjalan. Untuk jalur satu arah kendaraan dari Wonosari ke Yogya, dapat lewat Siyono-Gading. Sedang kendaraan dari Yogya sementara harus lewat Playen. Pengaturan satu arah di mulai jam 08.00 – 16.00 WIB sesuai dengan jam kerja yang diberlakukan pihak kontraktor.

“Setelah jam 16.00 arus lalu-lintas bisa dua arah, sebab tidak menggangu pekerjaan proyek,” pungkas Arif. (Sarwo)

Komentar

Komentar