Jaga Ketersediaan Darah Di PMI, Kodim Gelar Donor Darah

oleh -
Donor darah Kodim 0730 Gunungkidul. (KH)
iklan hut ri multazam

WONOSARI,(KH),– Kodim 0730 Gunungkidul menggelar kegiatan donor darah, Rabu, (08/04/2020). Kegiatan donor darah diikuti puluhan anggota TNI serta masyarakat.

Komandan Kodim (Dandim) 0730 Gunungkidul, Letkol Inf Noppy Laksana Armyanto menjelaskan, kegiatan yang diselenggarakan bersama Palang Merah Indonesia (PMI) Gunungkidul itu berlangsung selama dua hari, Rabu hari ini hingga Kamis besok.

“Ada 86 pendaftar dari TNI di lingkup Kodim 0730 dan Koramil se Gunungkidul serta masyarakat umum,” kata Dandim saat ditemui di aula Kodim.

Dari keseluruhan pendaftar, hanya 49 orang yang dapat diambil darahnya. Sebab sisanya saat dilakukan pemeriksaan memiliki tensi darah yang terlalu tinggi serta terlalu rendah.

“Donor darah ini dilaksanakan untuk mendukung PMI Gunungkidul dalam mengatasi kekurangan stok darah saat pandemi virus Corona atau Covid-19,” terangnya. Dalam pelaksanaannya, donor darah menyesuaikan protokol keamanan Covid-19.

Dalam kesempatan berbeda, Kepala PMI Gunungkidul, Iswandoyo mengatakan, jumlah stok untuk golongan darah O yang dimiliki ada 25 kantong dan AB ada 10 kantong. Dengan ketersediaan tersebut pihaknya merasa lega.

Untuk menjaga stok darah selain menggelar donor darah massal, pihaknya juga membuka bank darah di RSUD Wonosari. “Akhir-akhir ini demam berdarah membutuhkan banyak trombosit, selama pandemi Corona pendonor yang datang ke PMI menurun 50 persen. Biasanya ada 10 hingga 15 pendonor, namun saat ini turun,” terang Iswandoyo. (Kandar/R)

Komentar

Komentar