Ingin Tahu Kebutuhan Warga, Sunaryanta Sambangi Wilayah Pelosok di Sekitar Embung Sriten

oleh -
Sunaryanta
Bupati Gunungkidul, Sunaryanta berfoto bersama warga saat kunjungan. (KH/ Kandar)

GUNUNGKIDUL, (KH),– Bermaksud ingin tahu kondisi riil masyarakat pelosok, Bupati Gunungkidul, Sunaryanta menyambangi warga di wilayah di sekitar Embung Batara Sriten. Embung tersebut berada di salah satu puncak tertinggi Gunungkidul yang masuk Kalurahan Pilangrejo, Kapanewon Nglipar, Kabupaten Gunungkidul.

“Saya ingin tahu dari dekat seperti apa kehidupan warga di pinggiran. Selepas kunjungan nanti diketahui intervensi program apa yang bisa digulirkan,” kata Sunaryanta, Kamis (15/9/2022).

Ada beberapa aspek yang mampu ia tangkap, diantaranya mengenai kondisi ekonomi, sosial dan kondisi geografis. Menurutnya, hal yang mencolok di wilayah utara yakni tidak memadainya akses antar wilayah.

“Kalau akses dipermudah, kami yakin akan mendongkrak perekonomian warga,” imbuhnya.

Di luar itu, ia menyebut, Nglipar, tepatnya di Pilangrejo punya potensi wisata yang tak kalah dengan destinasi lain di Gunungkidul. Destinasi yang dimaksud ialah Embung Sriten.

“Embung ini punya panorama indah, perlu terus menerus dikenalkan ke masyarakat luas,” pesan dia.

Dalam kunjungan, Sunaryanta sempat membagi paket sembako. Selain itu, dia juga menyempatkan berbincang dengan warga setempat.

Lurah Pilangrejo, Sunaryo berharap, akses antar wilayah kalurahan maupun penghubung dengan kapanewon lain di sekitar Pilangrejo segera dibuat.

“Sudah sejak lama warga menunggu pembukaan dan perbaikan jalan. Semoga satu persatu terealisasi,” harap Sunaryo.

Warga di wilayah Pilangrejo mayoritas bermata pencaharian sebagai petani. Akses jalan yang ada saat ini banyak dimanfaatkan sebagai jalur penjualan hasil bumi. Mulai dari jagung, kacang tanah dan ketela. (Kandar)

Berbagi artikel melalui:

Komentar

Komentar