Ikuti Lomba Menulis Cerita Rakyat Gunungkidul Yang Digelar DPK

oleh -
Salah satu peserta lomba menulis saat proses validasi keabsahan cerita di hadapan dewan juri. KH/ Kandar
iklan dispar
Proses validasi keabsahan cerita di hadapan dewan juri pada lomba menulis yang pernah digelar DPK. KH/ Kandar

WONOSARI, (KH),– Dalam rangka meningkatkan minat baca dan menulis bagi masyarakat, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Kabupaten Gunungkidul akan menyelenggarakan lomba menulis cerita rakyat Gunungkidul tingkat kabupaten Tahun 2017.

Kasi Pengadaan, Pengolahan Bahan Pustaka, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Gunungkidul, Prihastuti Setyaningsih menginformasikan, peserta adalah mahasiswa dan masyarakat umum yang berdomisili/ bekeja/ lahir di Gunungkidul.

“Lomba dimaksudkan untuk memunculkan potensi penulis-penulis Gunungkidul untuk mengangkat kearifan lokal yang tersembunyi dalam sejarah ataupun cerita-cerita rakyat terkait Gunungkidul. Cerita atau sejarah yang selama ini belum diangkat dan terekspose sebagai tambahan sumber referensi khasanah cerita rakyat nusantara,” papar Prihastuti.

Lanjut dia, naskah tulisan dapat berupa sejarah asal usul nama daerah, cerita atau legenda/ mitos/ dongeng (bukan fabel). Naskah yang dikirm merupakan karya asli pribadi bukan bantuan/ intervensi pihak ketiga. Bukan jiplakan, saduran atau terjemahan karya lain, yang dibuktikan dan diperkuat dengan surat pernyataan keaslian naskah.

Berikut ketentuan dan persyaratan lain terkait lomba yang diperuntukkan bagi mahasiswa dan masyarakat umum ini;

  1. Panjang tulisan 6-10 halaman, diketik pada kertass ukuran A4 dengan jarak spasi 1,5, jenis huruf times new riman 12pt.
  2. Peserta hanya dapat mengirimkan satu judul naskah cerita. Nakah cerita dibuat rangkap tiga, dimasukkan dalam map. Pada bagian luar ditulis “Lomba Menulis Cerita Rakyat Gunungkidul 2017”.
  3. Pendaftaran dimulai dari tanggal 17 Juni hingga 17 Juli 2017 melalui WA/ SMS dengan CP. Purwanti 085228821485.
  4. Pengiriman naskah dilakukan serentak pada Hari Senin, 24 Juli 2017 pada pukul 10.00 WIB di DPK Gunungkidul.
  5. 6 penulis naskah terbaik akan dipanggil untuk mengikuti babak final pada Senin, 14 Agustus 2017 sekaligus penentuan dan penyerahan hadiah bagi 3 kejuaraan dan 3 nominator.

Pemenang peringkat 1 hingga 3 masing-masing akan menerima trophy, piagam dan uang pembinaan masing-masing Rp. 750.000, Rp. 600.000 dan Rp. 500.000. sedangkan bagi 3 nominator akan memperoleh piagam penghargaan dan kado pintar dari DPK. (Kandar)

Komentar

Komentar