IKG Melaksanakan Bakti Sosial Sunatan Massal

oleh -
Bakti sosial Sunatan Massal IKG Foto: B.Rahmanto
kadhung tresno
Bakti sosial Sunatan Massal IKG Foto: B.Rahmanto
Bakti sosial Sunatan Massal IKG Foto: B.Rahmanto

SEMANU, (KH) — Ikatan Keluarga Gunungkidul (IKG) mengadakan bakti sosial dengan menyelenggarakan khitanan massal di pendopo Bakmi Jawa, Mijahan Semanu. Acara kithanan tersebut diikuti oleh 250 peserta yang berasal dari seluruh Kecamatan di Kabupaten Gunungkidul.

Benyamin Sudarmadi selaku Ketua IKG  mengatakan acara tersebut merupakan program rutin tahunan IKG sebagai bentuk kepedulian terhadap masyarakat Gunungkidul. IKG membantu masyarakat Gunungkidul untuk dikhitan gratis khususnya bagi keluarga yang tidak mampu.

“Perlu dicatat bahwa dalam acara ini tidak ada unsur yang berbau politik, karena memang sudah menjadi agenda tahunan IKG guna membantu masyarakat di Gunungkidul,” katanya, Sabtu (20/12/14).

Ketua panitia Sunatan massal, Suprapto menjelaskan tidak ada kriteria khusus bagi peserta khitanan untuk dapat mengikuti acara khitanan massal pada hari ini. “IKG telah memberikan sosialisasi kepada 144 Desa beberapa bulan yang lalu, selanjutnya pihak desa setempat yang memberikan sosialisasi kepada masyarakat,” jelas Suprapto.

Suprapto memaparkan untuk anggaran dalam acara tersebut berasal dari Kas IKG pusat yang berada di Jakarta. Acara khitanan massal tersebut menghabiskan dana kurang lebih Rp 85 Juta.

“Peserta juga diberikan uang transport pulang pergi dan untuk peserta khitanan mendapatkan peci, baju koko, sarung, sandal dan uang Rp 25 ribu untuk peserta khitanan,”ujarnya.

Sementara itu Bupati Gunungkidul yang ikut hadir dalam acara tersebut memaparkan, wajib hukumnya bagi orang muslim untuk di sunat juga untuk menjaga kebersihan dan kesehatan. “Bentuk-bentuk kepedulian terhadap sesama ini sangatlah berarti untuk masyarakat. Semoga di tahun yang akan datang bentuk kepedulian terhadap sesama tetap ada,” katanya

Ia menambahkan, jika acara tersebut sangatlah positif bagi masyarakat yang membutuhkan bantuan, acara seperti ini sangatlah membantu mereka. “Acara positif ini  juga tak lepas dari bentuk kepedulian saudara-saudara IKG yang berada di luar kota,” pungkas Badingah. (Atmaja)

Komentar

Komentar