Ikaragil Turut Terjun Langsung Membagikan Daging Korban

oleh -
kadhung tresno

PALIYAN, (KH) — Berlokasi di Padukuhan Mengger, Desa, Karangasem, Kecamatan Paliyan, Ikatan Anak Rantau Gunungkidul (IKARAGIL) melakukan penyembelihan hewan korban, kemudian membagikannya ke sejumlah wilayah di Gunungkidul, Minggu, 5/10/2014.
Salah satu sasaran dari puluhan penerima daging korban sebuah perkumpulan perantau dengan anggota yang berjumlah ribuan ini, adalah seorang nenek Sabiyah. Meski dekat dengan salah satu anaknya, nenek tersebut memilih tinggal sendirian di rumah berdinding bambu.
Mewakili pengurus, Nanik bersama beberapa anggota lain mendatangi rumah Mbah Sabiyah yang hanya berjarak puluhan meter dari lokasi penyembelihan untuk mengantarkan daging korban. Tindakan ini sebagai salah satu wujud aksi bakti sosial yang selama ini mereka lakukan.
Tubuh yang sudah renta tak lagi mampu berdiri tegak, mbah Sabiyah dengan berkali-kali mengucapkan terima kasih, meraih uluran tangan salah satu anggota Ikaragil. Diterimanya bungkusan plastik yang berisi sekitar 2 Kg daging itu dengan wajah berseri.
“Terimakasih, terimakasih ya, sudah memberi saya daging korban,” Kata yang berkali-kali terucap dari bibir merah kecoklatan akibat daun sirih itu.
Kepada KH, nenek yang pernah merasakan masa penjajahan jepang ini berkisah, kemakmuran yang ada pada saat ini patutlah disyukuri, selain murah pangan, banyak komunitas yang peduli terhadap warga yang kurang mampu.
“Saat geger nipong, saya masih kecil, mau makan saja susah, bersyukur saat ini sudah jauh berbeda,” kenang Sabiyah seraya bersyukur. (Kandar/Tty)

Komentar

Komentar