Hujan Deras, Satu Rumah dan Balai Kalurahan Giriasih Sempat Terendam

oleh -
Genangan air terjadi di balai Kalurahan Giriasih. (dok. Sarjito)
kadhung tresno

PURWOSARI, (KH),– Hujan deras yang terjadi sejak Minggu (26/10/2020) malam sempat mengakibatkan satu rumah warga dan balai Kalurahan Giriasih, Kapanewon Purwosari, Gunungkidul terendam air.

“Puncak ketinggian air terjadi pukul 23.51 WIB. di rumah warga ketinggian air mencapai 50 centimeter. Di balai kalurahan setinggi 30 centimeter,” kata Staf Kasi Kamitua Kalurahan Giriasih, Sarjito ketika dihubungi, Senin (27/10/2020).

Selain dua titik banjir di rumah warga dan balai kalurahan, ruas jalan Kabupaten dari arah Kapanewon Panggang menuju Parangtritis yang melintasi wilayah setempat sepanjang 200 meter juga terendam banjir.

“Dampak hujan deras juga menimbulkan genangan air di UPT Pendidikan Korwil Purwosari. Saat ini sudah surut sebab hujan mereda,” imbuh Sarjito.

Menurutnya, karena peristiwa banjir di titik-titik tersebut hampir selalu rutin terjadi tiap hujan deras, tindakan antisipasi sudah dilakukan. Pemilik rumah yang tergenang banjir, Sarmanto warga Padukuhan Wonolagi sebelumnya telah dievakuasi ke rumah saudara yang berada di ketinggian.

Setidaknya 5 jiwa keluarga dari Sarmanto mengungsi ke rumah saudara yang berada tidak jauh dari kediamannya.

“Kami juga sudah mengamankan barang-barang dan aset balai kalurahan agar genangan air tidak menimbulkan kerugian,” kata dia lagi.

Menurutnya, banjir terjadi karena luapan jalur air menuju luweng. Beberapa titik genangan memang berada di kawasan lembah dekat dengan jalur air menuju luweng di wilayah setempat. [Kandar]

Komentar

Komentar