Hujan Deras Guyur Ngawen Rumah Warga Tertimpa Longsor

oleh -
Dapur yang rusak terkena longsor. Foto : Hari
iklan dispar
Dapur yang rusak terkena longsor. Foto : Hari
Dapur yang rusak terkena longsor. Foto : Hari

NGAWEN, (KH) — Cuaca yang tidak menentu akhi- akhir ini membuat kuatir sebagian masyarakat di Gunungkidul. Bencana angin kencang yang membuat pohon tumbang, atau tanah longsor yang meninpa rumah warga, membuat para warga siaga.

Senin 2 Maret 2015 terjadi longsor di Padukuhan Kaliwuluh RT 1/RW 6 , Desa Jurangjero, Kecamatan Ngawen. Longsor ini mengakibatkan sebagian rumah salah satu warga yang bernama mbah Sarmo rusak di bagian dapur dan di belakang rumah temboknya retak memanjang .

Mbah Sarmo mengatakan, hujan mulai mengguyur daerah tersebut sekitar jam 14.00 WIB dan semakin deras saat menjelang sore. Senin (2/3/15)

“Sekitar jam 3-an itu saya dengar suara gemuruh, mas. Pas deras-derasnya hujan ternyata dapur saya bagian belakang sudah tertimpa longsor seperti ini,” ungkap Sarmo.

Giyanto salah satu tetangga dekat mbah sarmo mengatakan, saat kejadian dirinya tengah merontokkan padi di rumah tetangga, dan dikasih tau cucunya, bahwa rumah mbah sarmo tertimpa longsor .

“Setelah mendapat kabar dari cucu saya, saya langsung pergi ke sana untuk membantu mbah Sarmo,” ujar Giyanto saat ditemui di rumahnya bersama mbah Sarmo.

Untuk sementara mbah Sarmo kakek 70 tahun menginap di tetangganya yang letaknya di depan rumahnya untuk berjaga jaga kalau ada longsoran susulan. Rencananya hari Selasa 3 Maret 2015 warga sekitar akan mengadakan kerja bakti untuk membersihkan dan memperbaiki rumah mbah Sarmo. Tidak dimungkinkannya perbaikan rumah mbah Sarmo dilakukan Senin sore, karena cuaca Senen sore itu tidak mendukung, serta struktur tanah yang masih belum stabil dan tidak menutup kemungkinan kalau ada longsor tambahan.(Hari/Tty)

Komentar

Komentar