Hari Pertama PPDB SMP/MTs, Sekolah Favorit Membludak

oleh -
kadhung tresno
SAPTOSARI, kabarhandayani.– Hari pertama pembukaan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) untuk jenjang Sekolah Menengah Pertama / Madrasah Tsanawiyah (SMP/MTs) di Kecamatan Saptosari terjadi over load atau melebihi batas daya tampung di sekolah favorit di kecamatan tersebut.

Seperti disampaikan Murni Widiastuti selaku koordinator panitia PPDB SMP N 1 Saptosari pada Kamis, 03/07/2014, bahwa telah terambil formulir pendaftaran sebanyak 185 lembar, sedangkan daya tampung disekolahnya sebanyak 160 siswa.

“Daya tampung sekolah kami 5 kelas untuk setiap kelas 32 siswa,” ujarnya. Mengenai membludaknya pendaftar, Ia menjelaskan akan melakukan seleksi berdasar akumulasi nilai tiga mata pelajaran Ujian Sekolah/ Madrasah (US/M), meliputi Matematika, Bahasa Indonesia, dan IPA.

“Sebelum pengumuman tanggal 8 Juli mendatang, kita akan merangking berdasar nilai, selebihnya dari 160 pendaftar kita persilahkan masuk ke sekolah lain, masih ada 7 SMP dan MTs di saptosari” tambahnya.

Menurut pantauan kabarhandayani di sekolah lain, jumlah pendaftar belum memenuhi jumlah daya tampung sekolahan tersebut, kebanyakan merupakan sekolah berstatus swasta, seperti, SMP PGRI Saptosari, MTs YAPPI Jetis, MTs YAPPI Monggol, dan lainnya.

Sebagian besar pendaftar belum secara lengkap menyertakan berkas-berkas pendaftaran, karena memang salah satu persyaratan berupa SKHU S/M belum diterima dari Sekolah Dasar (SD) asal. “Besok tanggal 8 Juli 2014 kalau anak saya diterima disusulkan,” ungkap salah satu wali murid. (Kandar/Hfs)

Komentar

Komentar