Gunakan Apar, Polsek Purwosari Padamkan Kebakaran Di Alas Pucanganom

oleh -
Kebakaran di Alas Pucanganom, Purwosari. (Humas Polsek Purwosari)
iklan dispar
Warga dan Polsek Purwosari berusaha memadamkan kebakaran di Alas Pucanganom, Purwosari. (Humas Polsek Purwosari)

PURWOSARI, (KH),– Kebakaran terjadi di Hutan atau Alas Pucanganom tepatnya di Padukuhan Gubar, Desa Giripurwo, Kecamatan Purwosari, Kabupaten Gununkidul, Rabu, (30/08/2017) siang. Berkat upaya warga bersama anggota polsek api berhasil dipadamkan.

“Tepat pukul 12.30 WIB kami mendapatkan informasi dari salah satu warga Desa Girijati, Bapak Agus. Dia melihat kobaran api cukup besar membakar lahan hutan atau Alas Pucanganom,” ujar anggota Polsek Purwosari, Bripka Febbi Hernamu.

Berdasarkan informasi tersebut, bersama warga anggota polsek langsung mendatangi lokasi kebakaran. Di lokasi ditemui api sudah membakar semak-semak dan pohon pada sebagian atau tepi hutan. Bersama warga sekitar dengan segera dilakukan penanggulangan.

Di lokasi kejadian ditemukan beberapa titik api yang masih menyala cukup besar. Kobaran api juga sudah membakar lahan yang cukup luas yakni mencapai sekitar 800 meter persegi.

“Upaya pemadaman dilakukan agar api tidak meluas. Selain Apar warga menggunakan alat seadanya untuk memadamkan,” imbuh Bripka Febbi.

Dengan bekal Apar dan alat seadanya tersebut personil polsek dan warga sekitar berhasil padamkan api yang membakar semak dan pohon di area pinggir hutan atau Alas Pucanganom.

Ditambahkan, tidak diketahui dengan pasti apa penyebab kebakaran tersebut. Sebagaimana diketahui musim kemarau seperti sekarang ini kondisi pepohonan dan semak mengering, sehingga cukup mudah terbakar. Pihak Polsek menghimbau kepada warga untuk lebih berhati-hati dan menghindari tindakan-tindakan yang dapat memicu kebakaran hutan.

“Tidak sampai satu jam api berhasil kami jinakkan,” pungkasnya. (Kandar)

Komentar

Komentar