Pemkab Gunungkidul Menguatkan Jaringan Informasi Masyarakat di Purwosari

oleh -
Kim
Pengukuhan Kelompok Informasi Masyarakat di Kapanewon Purwosari. (KH)

GUNUNGKIDUL, (KH),– Senin, 16 Oktober 2023, Bupati Gunungkidul, Sunaryanta, mengukuhkan Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) tingkat padukuhan di Kapanewon Purwosari.

Pada agenda yang berlangsung di Balai Budaya Kapanewon Purwosari ini dikukuhkan 32 kelompok yang terbentuk dari lima Kalurahan di Kapanewon setempat.

Dalam kesempatan tersebut, Sunaryanta menyampaikan keprihatinannya mengenai distorsi informasi yang kerap terjadi. Informasi dari sumbernya atau dari pemerintah di tingkat atas tak sepenuhnya benar atau tak utuh lagi saat sampai ke masyarakat.

Dengan hadirnya KIM, dia berharap informasi yang valid dapat tersampaikan secara efektif dan efisien. Sebaliknya, informasi yang perlu segera diketahui dari tingkat bawah juga akan cepat sampai ke pemangku kebijakan.

“KIM akan membantu memproses informasi dan menyebarkannya secara baik kepada masyarakat, sehingga distorsi informasi dapat diminimalkan,” harap dia.

Dia juga mendorong, perkembangan teknologi informasi digital pada dewasa ini agar dimanfaatkan sebaik mungkin. Begitu juga dalam rangka menjalankan peran sebagai anggota KIM.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Gunungkidul, Setiyo Hartato menyampaikan, pembentukan KIM merupakan langkah penting dalam menciptakan masyarakat informatif yang mandiri dan cerdas. Masyarakat yang turut serta dalam mendukung penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan.

“KIM diantaranya akan berperan sebagai informan peristiwa. Informasi tersebut setelah masuk akan menjadi bahan analisis, setelahnya akan diambil tindakan atau kebijakan guna mewujudkan stabilitas di tengah masyarakat,” terang Setiyo.

Anggota KIM, lanjut Setiyo, akan menjadi digital talent di tingkat padukuhan. Mereka akan membantu penyebaran informasi dengan baik dan benar. Mengarah pula pada fungsi perekonomian. Baik penciptaan wirausaha baru maupun pengembangan yang sudah ada dengan memanfaatkan fasilitas teknologi informasi yang makin modern.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Bidang Informasi dan Komunimasi Publik Sumarno menjelaskan, dibentuknya KIM dibentuk sebagai wujud sinergitas dan penguatan diseminasi informasi publik serta pemberdayaan masyarakat.

Sementara itu, Lurah Giripurwo, Supriyanto berharap, pengukuhan KIM akan membuat akses dan lalu lintas informasi di Purwosari akan menjadi lebih mudah.

Selain pengukuhan KIM, Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Gunungkidul juga melakukan penyerahan spesimen Tanda Tangan Elektronik (TTE) kepada para lurah di Kapanewon Purwosari. Hal ini menandai Kapanewon Purwosari menjadi Kapanewon pertama yang mengaktivasi TTE.

TTE ini digadang akan mempercepat proses kerja secara digital. Sebelum penyerahan Dinas Kominfo telah bekerja menyiapkannya sejak bulan Agustus lalu. (Kandar)

Berbagi artikel melalui:

Komentar

Komentar