Gudang Ternak, Gunungkidul Punya 19.000 Ekor Sapi Jantan Siap Sembelih

oleh -
Peninjauan peternakan sapi di Paliyan. (KH/DPP)
iklan dispar

GUNUNGKIDUL, (KH),– Gunungkidul menjadi gudang ternak. Ternak dari Gunungkidul dari tahun ke tahun dikirim ke berbagai daerah. Terlebih pada bulan menjelang Hari Raya Kurban seperti saat ini, kiriman ternak selalu mengalami peningkatan.

Kepala Dinas Pertanian dan Pangan (DPP) Gunungkidul, Bambang Wisnu Broto disela meninjau peternakan sapi di wilayah Kapanewon Paliyan mengatakan, di kabupaten terluass di DIY ini terdapat sapi jantan dewasa siap sembelih sebanyak 19.170 ekor.

“Total populasi sapi 153.363 ekor. Untuk sapi jantan keseluruhan ada 56 ribu ekor,” ungkap Bambang saat berada di kandang ternak milik warga Paliyan, Hasim, Senin, (13/7/2020).

Pemantauan yang dilakukan, kata dia, bertujuan untuk memastikan fasilitas kandang dan pakan dalam kondisi baik sehingga menunjang kesehatan hewan ternak. Kondisi hewan ternak benar-benar dijaga kesehatannya sebelum dijual atau dikirim ke luar daerah.

“Hewan ternak yang dikirim harus memiliki Surat Keterangan Kesehatan Hewan (SKKH),” tandas Bambang.

Selain menerbitkan SKKH, untuk meminimalisir ternak terkena penyakit seperti antraks dan penyakit lain, pihaknya membangun kolam diping di dua pasar hewan besar, yakni di Pasar Hewan Siyono Harjo, di Kapanewon Playen, dan di Pasar Munggi, Kapanewon Semanu.

Sementara itu, peternak sapi yang tiap tahun rutin mengirim ternak ke Jakarta, Hasim mengatakan, tiap tahun saat momentum menjelang hari kurban permintaan sapi dari luar kota selalu naik

“Sudah kirim ke Jakarta sebanyak 184 ekor,” ujar Hasim. (Kandar)

Komentar

Komentar