Gerhana Matahari, Momentum Berserah Diri

oleh -
Kutbah setelah pelaksanaan Shalat Gerhana. KH/ Edo
iklan dispar
Kutbah setelah pelaksanaan Shalat Gerhana. KH/ Edo
Kutbah setelah pelaksanaan Shalat Gerhana. KH/ Edo

PLAYEN, (KH) — Umat muslim di berbagai wilayah di Kecamatan Playen, Gunungkidul melaksanakan sholat gerhana matahari pada, Rabu, (09/03/2016) pagi.

Sepertihalnya di Padukuhan Tumpak, Desa Ngawu, Kecamatan Playen, ratusan umat Islam di padukuhan tersebut melaksanakan sholat gerhana pada pukul 07.00 WIB.

Takmir Masjid Al-Falah, Sukamto mengatakan, sebelumnya sejak Selasa sore, ia telah menyampaikan pemberitahuan kepada umat di wilayahnya untuk melakukan sholat gerhana matahari.

Dalam kutbah Sukamto menghimbau kepada umat muslim untuk menjadikan peristiwa alam yang langka tersebut sebagai tanda kebesaran Allah SWT. “Dengan sholat berjamaah ini sebagai wujud syukur atas kebesaran Allah SWT dan senantiasa untuk berserah diri kepada-Nya dengan terus berdoa dan berdzikir,” ajaknya.

Lebih lanjut ia menambahkan, jika tujuan dilakukan sholat gerhana berjamaah ini untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT serta sebagai wujud syukur kepada-Nya. Pantauan di lokasi, Sholat gerhana berjamaah berjalan dengan khidmat.

Adanya gerhana pula, semoga bisa meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Allah SWT. “ini merupakan suatu tanda kebesaran Allah SWT, bahwa manusia sangat kecil dan lemah dihadapan-Nya,” Ungkapnya.

Sementara itu, diwaktu yang sama masyarakat diberbagai kecamatan yang ada di Gunungkidul juga melakukan sholat gerhana dimasjidnya masing-masing. (Edo)

Komentar

Komentar