Gelombang Capai 4 Meter, Nelayan Dilarang Melaut

oleh -
Puluhan kapal nelayan di Pantai Baron rusak diterjang gelombang. KH/ Edo
iklan dispar
Puluhan kapal nelayan di Pantai Baron rusak diterjang gelombang.  KH/ Edo
Puluhan kapal nelayan di Pantai Baron rusak diterjang gelombang. KH/ Edo

TANJUNGSARI, (KH) — Tim Search dan Rescue (SAR) Pantai selatan Kabupaten Gunungkidul mewaspadai tingginya gelombang air laut yang mencapai 14 feet atau 3,5 hingga 4 meter. Pantauan terus dilakukan oleh petugas SAR di sepanjang pantai selatan.

Sekretaris SAR Wilayah II Gunungkidul Surisdiyanto mengatakan, ombak tinggi yang terjadi mulai Senin malam (23/5/16) telah merusak puluhan kapal nelayan yang berada di Pantai Baron. Dari catatan SAR diketahui 3 kapal mengalami kerusakan yang cukup berat dan puluhan kapal lainya mengalami rusak ringan.

Berdasarkan pantuan KH, selain merusak kapal nelayan, gelombang tinggi yang terjadi di pantai Selatan Gunungkidul juga merusak gazebo yang berada di Pantai Sepanjang. Untuk mengantisipasi adanya korban jiwa, SAR menghimbau kepada nelayan untuk sementara berhenti melaut.

Lebih lanjut Surisdiyanto menambahkan, pihaknya memprediksi gelombang tinggi yang terjadi di pantai selatan akan berlangsung hingga malam nanti. Himbauan juga disampaikan kepada wisatawan yang berkunjung ke pantai Gunungkidul untuk berhati-hati serta mematuhi arahan yang diberikan petugas.

SAR Korwil II Gunungkidul menerjunkan sedikitnya 50 anggota yang ditempatkan di masing-masing titik pantai untuk melakukan pemantauan gelombang besar.

“Semoga cepat berlalu dan tidak ada kerusakan tambahan lagi,” pungkasnya. (Edo)

Komentar

Komentar