Gelaran, Bejiharjo, 1 Dari 3 Lahan Pertanian di Gunungkidul Yang Mampu Panen Padi 3 Kali

oleh -
iklan dispar

KARANGMOJO, (KH),– Di Gunungkidul sedikitnya terdapat 4 kawasan pertanian yang mampu panen padi sebanyak 3 kali dalam setahun. Hal tersebut disampaikan Kepala Dinas Pertanian dan Pangan (DPP) Gunungkidul, Bambang Wisnu Broto saat panen padi musim tanam ke tiga bersama kelompok tani Sari Bumi di Gelaran, Kalurahan Bejiharjo, Kecamatan Karangmojo, Gunungkidul, (8/10/2020).

“4 kawasan yang mampu panen 3 kali diantaranya berada di Ponjong, Patuk, Semin dan Bejiharjo Karangmojo,” terang Bambang.

Dari 4 lahan tersebut total luasannya mencapai 1000 hektar. Secara umum padi yang ditanam padi jenis sawah.

Lebih jauh Bambang menginformasikan, produktivitas padi sawah di Gunungkidul tahun ini meningkat dari tahun sebelumnya.

“Tahun lalu hasil panen khusus padi sawah mencapai 69.344 ton, tahun ini mencapai 98.422 ton. Jadi ada selisih 29.000, padi sawah produksinya naik 196 persen,” rinci Bambang.

Ketua Kelompok Tani Sari Bumi, Supardi Winoto menyampaikan, lahan padi yang dipanen kali ini mencapai 40 hektar. Dirinya menyebut hasil panen tergolong baik.

“Hasilnya 7 ton per hektar,” terang Supardi Winoto.

Sementara itu, turut hadir dalam kegiatan panen, Bupati Gunungkidul, Badingah, mengaku bangga dengan semangat dan kerja keras para petani yang selalu berusaha meningkatkan produktivitas pertanian.

Dia mengungkapkan, kontribusi sektor pertanian tetap paling dominan terhadap Produk Domestik Regional Bruto.

“Kenyataannya tulang pungung perekonomian masyarakat tetap sektor pertanian,” tukas Badingah. (Kandar)

Komentar

Komentar