Dua Bus Tidak Layak Beroperasi Terjaring Razia

oleh -
kadhung tresno

WONOSARI, kabarhandayani.– Demi keamanan pada arus mudik tahun ini Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Gunungkidul dan Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informasi (Dishubkominfo) Kabupaten Gunungkidul menggelar operasi dadakan pada sejumlah armada bus yang berada di Terminal Dhaksinarga, Selang, Wonosari Senin (21/07/14).
Operasi gabungan tersebut digelar khususnya untuk kesiapan armada yang akan beroperasi selama arus mudik tahun ini. Hasilnya terdapat dua armada bus yang tidak layak untuk beroperasi.
Kasat Lantas Gunungkidul AKP M. Faizal Pratama menghimbau, pada sejumlah armada bus yang akan mengoprasikan kendaraannya untuk memperhatikan kemampuan pengemudi dan kondisi dari bus yang akan beroperasi.
“Agar para pengusaha angkutan memperhatikan tingkat keselamatan penumpang. Apabila pengemudi tidak layak untuk mengemudi mohon untuk tidak diberi izin mengoperasikan armadanya,” ungkapnya.
Kepada KH, AKP M. Faizal menjelaskan bahwa dalam operasi gabungan tersebut ditemukan dua armada bus yang tidak layak jalan. Seperti tutup tangki yang hanya menggunakan tutup botol minuman plastik dan ban yang sudah gundul.
“Bus-bus yang bermasalah adalah bus Antar Kota Dalam Provinsi (AKDP). Untuk bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) sudah cukup baik untuk beroprasi,” jelasnya.
AKP M. Faizal menambahkan untuk pemudik yang ingin melewati Jalur Lintas Selatan juga sudah bisa digunakan dan sudah terpasang rambu-rambu lalu lintasnya. “Setelah survei yang diadakan beberapa waktu lalu, Bapak Kapolda (DIY) mengatakan bahwa jalur lintas selatan juga sudah siap digunakan jika pemudik ingin melewati jalur tersebut,” pungkasnya. (Atmaja/Hfs)

Komentar

Komentar