Pantai-Pantai Mempesona di Gunungkidul

oleh -
oleh
iklan dprd

KABARHANDAYANI.– Terdapat lebih dari 70 lokasi pantai di Gunungkidul yang sebenarnya memiliki ciri khas yang menarik dan asri. Namun, belum seluruh jejeran pantai tersebut dikelola dan diusahakan untuk kegiatan pariwisata. Pemerintah maupun masyarakat belum merambah beberapa pantai yang masih alami tersebut karena sebagian besar belum tersedia akses jalan yang memadai.
Berikut ini adalah daftar nama pantai selatan Gunungkidul yang telah diusahakan untuk kegiatan wisata. Pengunjung dapat menikmati suasana dan keasrian beberapa pantai yang telah dikelola secara resmi dan telah tersedia akses jalan yang relatif mudah.
Bila ditelusur dari arah barat, dapat dijumpai Pantai Bekah, Pantai Gesing, Pantai Nguyahan, Pantai Ngobaran, Pantai Ngrenehan, Pantai Baron, Pantai Kukup, Pantai Sepanjang, Pantai Watu Kodok, Pantai Drini, Pantai Sarangan, Pantai Krakal, Pantai Sadranan dan Pantai Ngandong, Pantai Sundak, Pantai Somandeng, Pantai Pulang Sawal (Pantai Indrayanti), Pantai Watulawang, Pantai Pok Tunggal, Pantai Seruni, Pantai Ngetun, Pantai Timang, Pantai Jogan, Pantai Nglambor, Pantai Siung, Pantai Wediombo, Pantai Jungwok, dan Pantai Sadeng.
Sedangkan nama pantai di Gunungkidul yang belum begitu dikenal masyarakat adalah Pantai Watugupit, Pantai Klampok, dan Pantai Parangedong yang ada di Kecamatan Purwosari serta Pantai Karangtelu, Pantai Wohkudu, dan Pantai Kesirat yang ada di Kecamatan Panggang.
Lokasi pantai yang paling terkenal di Gunungkidul saat ini adalah Pantai Baron dan Indrayanti. Pantai Baron adalah pantai yang paling mudah dijangkau dari Kota Wonosari. Nama pantai ini juga dijadikan sebuah nama jalan di Gunungkidul, yaitu Jalan Baron yang memiliki panjang sekitar 24 km berawal dari Pertigaan Jembatan Baleharjo (Polres Gunungkidul) ke arah selatan hingga Tempat Pemungutan Retribusi (TPR) Pantai Baron.

Setelah memasuki TPR akan dijumpai pertigaan jalan. Jika belok kanan, jalur jalan ini akan menuju ke Pantai Baron, Ngrenehan, Ngobaran, Nguyahan, Gesing, dan Pantai Bekah. Bila pada pertigaan TPR belok kiri, maka akan menuju arah puluhan pantai lainnya, mulai Pantai Kukup, Sepanjang, Watu Kodok, Drini, Sarangan, Krakal, Sadranan, Ngandong, Sundak, Somandeng, Pulang Sawal (Indrayanti), Watulawang, Pok Tunggal, Seruni, Ngetun, Timang, Jogan, Nglambor, Siung, Wediombo, Jungwok, dan Sadeng.
Tarif retribusi untuk wilayah pantai Baron, Krakal, Kukup, hingga Pantai Indrayanti adalah sebesar Rp 10.000/orang. Untuk pantai yang lain sebesar Rp 5.000,00/orang. Berikut disampaikan deskripsi singkat beberapa pantai di Gunungkidul yang biasanya menjadi destinasi favorit karena ditunjang kemudahan akses dan fasilitas pendukungnya yang relatif lenngkap:

1. Pantai Indrayanti

Nama Pantai Indrayanti menjadi terkenal sejak tahun 2009-an. Pantai ini memiliki nama asli Pantai Pulang Syawal. Nama Indrayanti muncul karena di tempat ini ada sebuah rumah makan yang notabene aktif mempromosikan obyek wisata Pantai Pulang Syawal, sehingga sampai sekarang nama rumah makan ini terlanjur menjadi ikon Pantai Pulang Sawal.
Menurut kesan wisatawan, Pantai Indrayanti adalah salah satu pantai terindah di kawasan pantai Gunungkidul. Bahkan ada yang menyatakan bahwa Indrayanti adalah Kuta-nya Jogja. Hamparan pasir putih dan kerindangan pohon cemara yang memukau memancarkan keindahan pantai ini. Kebersihan pantai ini juga sangat terjaga. Berbagai fasilitas komplit tersedia di pantai ini, seperti resto/cafe dan rumah makan, gardu pandang pantai, tempat parkir, hotel, serta toko souvenir. Pantai Indrayanti juga menyediakan pelayanan selancar untuk menambah daya tarik wisata.
Pantai yang memiliki nama asli Pulang Syawal ini berada di Desa Tepus, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul. Posisi pantai terletak di antara Pantai Sundak dan Pantai Watulawang. Pantai Indrayanti bersebelahan dengan Pantai Somandeng tanpa batas apapun yang dapat diamati. Secara sepintas hamparan pasir putih kedua pantai ini menyatu, yang membendakan hanya pengelolaannya saja. Tempat parkir kedua pantai ini pun menjadi satu di sebelah utara jalan raya.

Akses menuju Pantai Indrayanti:

iklan golkar idul fitri 2024

Rute A: Pantai Pulang Sawal atau Indrayanti Rute Jalan Baron-Pantai Baron:
Jogja » Wonosari » Jalan Baron » Pertigaan TPR Pantai Baron Belok Kiri (Arah Timur) » Pantai Kukup » Pantai Sundak » Somandeng » Pulang Sawal (Indrayanti).

Rute B: Pantai Pulang Sawal atau Indrayanti Rute Tepus.

Jogja » Wonosari » Jalan Baron » Pertigaan Mulo-Tepus Belok Kiri (Arah Timur) » Kecamatan Tepus » Pantai Sundak (Belok Kiri) » Somandeng » Pulang Sawal (Indrayanti).

2. Pantai Baron

Pantai  Baron adalah pantai yang paling terkenal di Gunungkidul karena merupakan pintu gerbang masuk kawasan obyek wisata pantai Gunungkidul. Pantai Baron terletak di Desa Kamadang, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta.
Pantai ini merupakan salah satu lokasi tempat para nelayan mencari ikan, sehingga di pantai ini akan dengan mudah ditemui para penjual ikan khususnya di Tempat Pelelangan Ikan (TPI). Bila kita berdiri menghadap laut maka kita serasa dikelilingi bukit-bukit kapur yang di atasnya terdapat jalan setapak sebagai tempat menikmati keindahan laut yang luas dan khas. Di sebelah barat, terdapat muara air sungai bawah tanah (air tawar) yang terus memanjang ke arah timur sehingga ada suatu tempat pertemuan antara air laut dan air tawar pada bibir pantai.

Akses menuju Pantai Baron:

Rute Wonosari-Pantai Baron: Jogja » Wonosari » Jalan Baron » Pertigaan TPR Pantai Baron Belok Kanan » Pantai Baron.

Rute Lokasi dari Jogja / Imogiri Bantul: Jogja » Ring Road Selatan » Jalan Imogiri Timur  » Panggang » Saptosari» » Kawasan Kecamatan Tanjungsari» Pantai Baron.

3. Pantai Kukup
Pantai Kukup adalah pantai dengan pasir putih yang indah dan cukup luas. Kelebihannya terdapat aneka ragam binatang laut yang dapat ditangkap langsung oleh pengunjung dengan jaring-jaring kecil di sepanjang pantai.mDeretan pedagang hias juga berjajar dengan berbagai pilihan ikan yang beragam. Bila ingin melihat keanekaragaman biota laut maka wisatawan dapat berkunjung ke Gedung Aquarium Laut yang terletak di dekat pantai.
Pemandangan menonjol lain di Pantai Kukup yang tak didapati di pantai-pantai lain di Gunungkidul adalah adanya pulau karang kecil yang di atasnya terdapat gardu pandang tempat para wisatawan menikmati keindahan laut yang terhubung ke daratan melalui jembatan kecil. Dari atas jembatan, wisatawan juga dapat menikmati alunan air yang menerjang karang. Fasilitas lain yang dapat dimanfaatkan rombongan wisatawan adalah adanya gedung pendopo untuk tempat pertemuan. Pantai ini tepat disebelah timur Pantai Baron, kira-kira berjarak 1,5 km dan terletak di Desa Kamadang, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta.
Akses menuju Pantai Kukup: Jogja » Wonosari » Jalan Baron » Pertigaan TPR Pantai Baron Belok Kiri » Pantai Kukup

4. Pantai Sepanjang
Pantai Sepanjang merupakan salah satu deretan pantai yang masih terletak di Desa Kemadang, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Gunungkidul. Berjarak kurang lebih 1 km sebelah Timur Pantai Kukup. Keunikan pantai ini adalah pantai yang alami dan merupakan pantai konservasi bagi penyu. Pada saat-saat tertentu para wisatawan dapat dimanjakan dengan adanya penyu laut yang sedang mendarat untuk bertelur.
Akses menuju Pantai Kukup: Baron » Pertigaan TPR Pantai Baron Belok Kiri » Pantai Kukup» Pantai Sepanjang Jogja » Wonosari » Jalan

5. Pantai Drini

Pantai Drini sesuai dengan keindahan alamnya banyak ditumbuhi pohon drini yang dapat digunakan untuk penawar racun ular. Terletak di Desa Banjarejo, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta sebelah timur Pantai Sepanjang kurang lebih 1 Km. Nama Drini telah cukup terkenal bila dibandingkan dengan Watu Kodok, karena di pantai ini terdapat perahu-perahu nelayan dan Tempat Pelelangan Ikan. Mirip Pantai Kukup, di tempat ini juga ada pulau karang kecil di tengah laut.

Akses menuju Pantai Drini: Jogja/Solo » Wonosari » Jalan Baron » Pertigaan TPR Pantai Baron Belok Kiri » Pantai Kukup» Pantai Sepanjang » Pantai Drini

6. Pantai Watu Kodok

Pantai Watu Kodok memang belum begitu dikenal oleh para wisatawan, bahkan dalam perjalanan tidak akan di temukan papan petunjuk jalan yang menunjukkan nama pantai ini. Pantai Watu Kodok tereletak disebelah timur Pantai Sepanjang dan sebelah timur Pantai Drini. Dari jalan raya harus masuk beberapa kilo guna mencapai tempat ini.

Suasana alam nyaman dan alami akan disajikan oleh pantai yang satu ini. Tidak kalah dengan pantai-pantai lainnya, Cuma pantai ini kurang dalam hal promosi saja. Kalau anda berkunjung ke deretan pantai Gunungkidul, tak ada salahnya anda mencoba belok ke arah pantai ini untuk menikmati keindahan suasananya.

Akses menuju Pantai Watu Kodok: Jogja » Wonosari » Jalan Baron » Pertigaan TPR Pantai Baron Belok Kiri » Pantai Kukup» Pantai Sepanjang » Pantai Watu Kodok

7. Pantai Krakal

Pantai Krakal terletak di sebelah timur Pantai Drini dan Sarangan termasuk kawasan Desa Ngestirejo, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Gunungkidul. Memiliki pantai yang luas dan terpanjang  di antara pantai yang lain, dengan lokasi parkir yang sangat memadai.

Sepanjang pantai dipenuhi dengan pasir putih yang membentang berkilauan sehingga sangat nyaman digunakan untuk bersantai bersama keluarga. Hampir mirip dengan Pantai Kukup, pantai ini juga terdapat banyak binatang laut yang dapat ditangkap dengan jarring kecil.

Sepanjang pantai juga banyak terdapat gardu pandang pantai yang dapat dinikmati dengan memesan menu makanan dari warung makan yang berderet. Jarak Pantai Krakal dari kota Jogja kurang lebih 65 Km. Nama pantai ini juga dijadikan sebuah nama band rock indie yang cukup terkenal di Kecamatan Tepus, yaitu Krakal Roal Band yang di gawangi oleh Andi.

Akses menuju Pantai Krakal: Jogja/Solo » Wonosari » Jalan Baron » Pertigaan TPR Pantai Baron Belok Kiri » Pantai Kukup» Pantai Sepanjang » Pantai Drini » Pantai Sarangan » Pantai Krakal.

8. Pantai Sadranan (Slili) Dan Pantai Ngandong

Setelah melewati Pantai Krakal, bila terus ke arah timur maka akan kita akan temukan Pantai Sadranan. Hati-hati, jalan di kawasan ini banyak sekali tikungan dan pertigaan jalan. Bila menemui pertigaan jalan harap memperhatikan papan nama penunjuk jalan atau Tanya warga agar nanti tidak tersesat. Disebut Sadranan karena sering digunakan untuk upacara sadranan oleh masyarakat Desa Sidoharjo.

Pantai ini memiliki kekhasan tersendiri karena diapit oleh 2 tebing dan memiliki keindahan yang luar biasa dan terlihat kesan alaminya, sering digunakan sebagai tempat mengabadikan kenangan indah sehingga sering disebut Pantai Cinta.

Sadranan sering disebut Pantai Slili. Pantai Sadranan dan Pantai Ngandong terletak di satu kawasan yang menyatu dengan batas sebuah karang kecil. Beda lainnya, Pantai Sadranan ini adalah pantai yang digunakan sebagai nyadran warga sekitar. Sedangkan Pantai Ngandong memiliki fasilitas yang lebih keren, yaitu rumah singgah komunitas roader  dengan bangunan yang khas dan asri, fasilitas arena mini off-road, serta lokasi untuk memancing. Dari lokasi dapat terlihat jelas aktivitas para petani dan nelayan.

Akses menuju Pantai Sadranan (Slili) dan Pantai Ngandong: Jogja/Solo » Wonosari » Jalan Baron » Pertigaan TPR Pantai Baron Belok Kiri » Pantai Kukup» Pantai Sepanjang

9. Pantai Sundak

Pantai Sundak memiliki pantai yang cukup luas, dengan pasirnya yang putih. Pantai ini salah satu andalan warga Desa Sidoharjo, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta dalam mengais rejeki. Kawasan ini juga sering dijadikan tempat perkemahan (Camping) karena tempatnya yang sejuk. Selain itu tempat ini juga terdapat sebuah goa sumber mata air tawar dan biasa dipakai penduduk setempat untuk mencukupi kebutuhan air sehari-hari. Untuk keperluan pertemuan atau rombongan wisatawan, terdapat pendopo kecil sebagai tempat istirahat atau pun tempat pertemuan.

Akses menuju Pantai Sundak:

Rute A: Jogja/Solo » Wonosari » Jalan Baron » Pertigaan TPR Pantai Baron Belok Kiri » Pantai Kukup» Pantai Sepanjang » Pantai Drini » Pantai Sarangan » Pantai Krakal » Pantai Sadranan dan Ngandong» Pantai Sundak

Rute B: Jogja » Wonosari » Jalan Baron » Pertigaan Desa Mulo (Belok Kiri/Arah Timur) » Kecamatan Tepus » Pantai Sundak.

10. Pantai Watulawang

Memasuki Pantai Watulawang dan kawasan pantai lainnya yang ada di sebelah timur, yaitu Pantai Seruni, Ngetun, dan Pok Tunggal, kita akan melewati medan yang cukup sulit dengan jalan yang belum teraspal. Kawasan pantai ini cukup kaya akan rumput laut serta kulit kerang. Kekayaan alam ini sering dijadikan sebagai bahan kerajinan menghasilkan beraneka ragam souvenir.

Wisata budaya sering diadakan di tempat ini, yaitu sebagai tempat nyadran warga sekitar, dengan area pantai yang cukup luas berpasir putih yang masih bersih dan alami. Upacara sadranan biasanya berpusat di sebuah goa kecil yang terletak di sebelah barat.Pantai Watulawang masih terletak di Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Berada di sebelah Timur Pantai Pulang Sawal (Indrayanti) dan di sebelah Barat obyek wisata Pantai Pok Tunggal.

Lokasi Pantai Watulawang dapat ditempuh dari Pantai Pulang Sawal (Indrayanti) menyusuri jalan aspal ke arah Timur diteruskan jalan yang tidak beraspal, lokasi Pantai Watulawang akan terlihat di balik bukit kecil.

Rute A: Pantai Watulawang Rute Jalan Baron-Pantai Baron:

Jogja » Wonosari » Jalan Baron » Pertigaan TPR Pantai Baron Belok Kiri (Arah Timur) » Pantai Kukup » Pantai Sundak » Somandeng » Pulang Sawal (Indrayanti) » Watulawang.

Rute B: Pantai Watulawang Rute Tepus.

Jogja » Wonosari » Jalan Baron » Pertigaan Mulo-Tepus Belok Kiri (Arah Timur) » Kecamatan Tepus » Pantai Sundak (Belok Kiri) » Somandeng » Pulang Sawal (Indrayanti) » Watulawang.

11.  Pantai Pok Tunggal, Pantai Seruni, dan Pantai Ngetun

Ketiga pantai ini tereletak dalam 1 kawasan pantai yang berdekatan. Pantai Pok Tunggal memiliki ciri khas khusus yang membedakan dengan pantai yang lain, yaitu adanya pohon Duras yang menjadi ikon tersendiri. Tempat ini juga menjadi tempat favorit untuk menikmati sunset di pantai Gunungkidul dengan sempurna. Wisatawan bisa memanfaatkan tebing di sebelah timur untuk menikmati sunrise dan sunset.
Obyek wisata Pantai Pok Tunggal terletak di Desa Tepus, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul, tepatnya di sebelah timur Pantai Watulawang dan di sebelah barat Pantai Ngetun. Dari Pantai Indrayanti menuju Pok Tunggal dihubungkan oleh akses jalan tidak beraspal, maka harus hati-hati dan perhatikan selalu papan penunjuk jalan di setiap ada persimpangan jalan.

Akses menuju Pantai Pok Tunggal, Pantai Seruni, dan Pantai Ngetun:

Rute A: Pantai Pok Tunggal Rute Jalan Baron-Pantai Baron:
Jogja » Wonosari » Jalan Baron » Pertigaan TPR Pantai Baron Belok Kiri (Arah Timur) » Pantai Kukup » Pantai Sundak » Somandeng » Pulang Sawal (Indrayanti) » Pok Tunggal serta area Pantai Seruni dan Ngetun.
Rute B: Pantai Pok Tunggal Rute Tepus.

Jogja » Wonosari » Jalan Baron » Pertigaan Mulo-Tepus Belok Kiri (Arah Timur) » Kecamatan Tepus » Pulang Sawal (Indrayanti) » Pok Tunggal serta area Pantai Seruni dan Ngetun