Drone Rawan Disalahgunakan

oleh -
Drone. Sumber :airdrone.be
kadhung tresno
Drone. Sumber :airdrone.be
Drone. Sumber :airdrone.be

WONOSARI, (KH) — Di era serba maju ini nampaknya robot terbang atau kerap disebut drone sudah tidak asing lagi didengar. Alat yang dapat terbang pada ketinggian tertentu dengan dikendalikan manusia ini, kini membantu sejumlah bidang profesi seperti jurnalistik, hobi photografi dan lain sebagainya.

Pemerintah melalui Departmen Perhubungan, telah membuat Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 90 Tahun 2015 yang mengatur tentang pengoperasian drone di restriced area, prohibited area, dan batas ketinggian 150 meter untuk mengoperasikan drone. Dalam peraturan tersebut, perlunya ijin dalam pembelian drone dari pemerintah daerah dan instansi setempat yang wilayahnya akan dipotret. Namun, ternyata aturan ini tak sepenuhnya berlaku.

Menurut pantauan Kabar Handayani di Gunungkidul, sudah ada tiga orang yang tergabung dalam berbagai komunitas telah memiliki alat penunjang hobi dan pekerjaan berupa drone. Satu dari ketiga pemilik drone tersebut, Ganef Dwi Yudono yang mengaku membeli drone secara bebas di daerah Jogja.

Mengenai aturan yang kini berlaku, Ganef mengaku paham. Namun, hal tersebut menurut Ganef, kembali kepada setiap individu dalam penggunaan alat yang menurut dia membantu hobi photografinya. Ia menjelaskan, adanya pembatasan penggunaan ruang udara. Dengan aturan menteri itu, dibuat agar drone tidak disalahgunakan.

“Tapi, nyatanya masih dijual secara bebas di Jogja, tapi saya tahu tentang aturan tersebut,” ucapnya Sabtu (12/09/2015).

Menurutnya, aturan tersebut wajar keberadaanya, mengingat berbagai potensi penyalahgunaan alat yang dinilai baru tersebut. Namun, ia berharap dengan munculnya aturan tersebut tidak menghambat kreatifitas anak dalam negeri yang ingin mengabadikan foto atau vidio menggunakan drone.

“Kita tunggu pelaksanaan aturan tersebut. Tapi, memang sekarang kondisinya masih dijual bebas,” ucapnya, Sabtu (12/09/2015).

Ia juga menambahkan, kendati diperjual belikan secara bebas, seluruh drone tetap bisa dikendalikan oleh satelite, di mana drone tersebut tidak bisa terbang pada ketinggian di atas 150 meter. Apabila melebihi batas ketinggian tersebut, maka drone itu akan turun dengan sendirinya. (Maria Dwianjani)

Komentar

Komentar