dr Emilia Arum Pratiwi: 5 Hal Penting Menjaga Kesehatan

oleh -
iklan dispar

TEPUS, Kabarhandayani; Kesehatan bisa jadi barang mahal bagi setiap orang. Untuk itu, perilaku hidup bersih dan sehat sangat dianjurkan. Seperti halnya yang disampaikan oleh dr. Emilia Arum Pratiwi yang merupakan dokter umum di UPT Puskesmas Patuk 1 pada acara sarasehan pemuda dan  bakti sosial lintas bidang yang diadakan oleh Dewan Pengurus Daerah (DPD) Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) DIY bekerjasama dengan KNPI Gunungkidul di Padukuhan Pule Gundes 1, Desa Sidoarjo, Kecamatan Tepus pada Kamis (15/5/14).

Sesuai dengan tema sarasehan yakni Budaya Generasi SehatEmilia menyampaikan, banyak hal sepele yang disepelekan, padahal hal sepele yang baik kemudian dibiasakan maka akan menjadi sebuah budaya. Seperti halnya mencuci tangan, dia mengajak warga Padukuhan Pule Gundes untuk membiasakan mencuci tangan dengan baik dan benar. 

Untuk menjaga kesehatan sosial, Emilia juga menganjurkan bagi para wanita untuk menikah di usia diatas 20 tahun, karena di usia tersebut wanita sudah siap fisik, psikis dan sosial. Sedangkan, wanita di bawah usia 20 tahun beresiko tinggi karena sel produksi masih muda dan dapat bermutasi menjadi kanker leher rahim.
 
Emilia juga menyampaikan, ada 5 hal yang harus diperhatikan ketika menjaga kesehatan, diantaranya tekanan darah normal sekitar 120/80 cc, kadar gula darah kurang 140 mg/dl, kolesterol kurang dari 200 mg/dl, Indeks Massa Tubuh (IMT), yakni berat badan (kg) dibagi tinggi badan ( meter) dikuadratkan sekitar 18,5 hingga 22,9 serta kadar gliserin 150.
 
“Caranya adalah dengan memeriksakan ke dokter atau puskesmas. Dengan menjaga 5 hal tersebut, maka kita semua dapat menerapkan budaya hidup sehat. Bukan hanya sehat secara jasmani, tetapi juga menjaga kesehatan rohani dan sosial,” ujarnya. (Mutiya)
 
 

Komentar

Komentar