Dorong IKM Gunungkidul Tumbuh, Kementerian Perindustrian Dan DPR RI Gelar Pelatihan

oleh -
Subardi (Kemeja putih) dan peserta pelatihan kewirausahaan berfoto bersama. (KH/ Kandar)
iklan dispar

SEMANU, (KH),– Kementerian Perindustrian melalui aspirasi anggota DPR RI Komisi VI, Subardi menggelar pelatihan bagi pelaku Industri Kecil dan Menengah (IKM) dan wirausaha di Gunungkidul. Pelatihan dilakukan sebagai salah satu upaya agar IKM tumbuh dan berkembang.

“Ada 6 jenis bidang kewirausahaan atau industri rumahan, 4 digelar di Gunungkidul, 2 lainnya dilaksanakan di Sleman,” kata Subardi, Kamis, (5/3/2020).

Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Nasdem DIY ini mengutarakan, bidang pelatihan kewirausahaan atau industri rumahan yang digelar di Semanu itu diantaranya pembuatan gazebo bambu, konveksi atau fashion, salon dan spa, serta pelatihan bidang pangan khususnya olahan ikan.

Adapun setiap bidang kewirausahaan diikuti setidaknya 20 peserta yang sebelumnya telah diseleksi oleh Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Gunungkidul.

Menunjukkan keseriusan agar IKM tumbuh dan bergeliat, selain menggelar pelatihan, Subardi juga mengaku akan menyambungkan akses permodalan yang dibutuhkan IKM dan pelaku usaha dengan perbankan melalui skema Kredit Usaha Rakyar (KUR).

Tak hanya itu saja, pihaknya juga berencana akan mengupayakan agar IKM mendapatkan sertifikasi dan legalitas dari dinas terkait.

“Kami serius berusaha agar peserta pelatihan kelak menjadi wirausahawan yang berhasil. Kapasitas industri usahanya berkembang membesar,” harap lelaki yang akrab disapa Mbah Bardi ini.

Dirinya ingin peserta mengikuti pelatihan dengan serius lantas mempratekkan materi yang diberikan tutor selama 5 hari kedepan. Subardi tidak mau peserta mengikuti pelatihan sebatas formalitas saja. “Jangan sampai selepas kegiatan pelatihan tidak ada niat serius dalam mengembangkan wirausaha,” tegas dia. (Kandar)

Komentar

Komentar